Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bela Petani, Pasangan Hasanah Tawarkan Program Jabar Seubeuh

Kompas.com - 08/03/2018, 08:05 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat TB Hasanudin- Anton Charliyan (Hasanah) memiliki program unggulan yang memberikan perhatian khusus terhadap petani dan ketahanan pangan di Jawa Barat. Program tersebut diberi nama Jabar Seubeuh.

"Jabar Seubeuh merupakan program yang diarahkan  untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh pangan yang layak dan cukup," kata Hasan, sapaan akrab TB Hasanudin saat menemui petani di Cilangkap, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Purwakarta, Rabu (7/3/2018).

Hasan menjelaskan, Jawa Barat memiliki lahan pertanian luas yang memungkinkan untuk menyuplai bahkan mengekspor bahan pangan. Bahkan, Jawa Barat disebut sebagai salah satu lumbung padi nasional.

Akan tetapi, Hasan mengatakan bahwa berbagai persoalan terus mengancam pertanian di Jawa Barat, di antaranya tentang irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan menjadi properti ataupun industri.

Baca juga : Upaya Hasanah Turunkan Angka Pengangguran di Jabar hingga 50 Persen

Selain itu, masalah lainnya adalah jumlah petani yang kian menyusut mengingat suramnya masa depan petani. Padahal, menurut dia, keberadaan petani dan ketahanan pangan penting untuk ketahanan nasional.

“Langkah-langkah yang akan dilakukan program Jabar Seubeuh di antaranya adalah perbaikan irigasi untuk mendukung pasokan air di daerah pertanian, memberikan subsidi pupuk, sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis. Ini penting agar petani tidak merugi dan terus menjadi tidak berdaya,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Hasan mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan  program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bumdes dan kelompok tani.

"Agar petani kita bisa memiliki sejajar  dengan para tengkulak sehingga rasa  keadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator," katanya.

Pasangan Hasanah, lanjut dia, juga akan meningkatkan pendapatan petani melalui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya. Menurut dia, hal tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan yang baik kepada petani yang berbasis ekspor.

Baca juga : Pasangan Hasanah Akan Bikin Fasilitas Diving dan Surfing di Pantai Selatan Jabar

Selain untuk petani, Program Jabar Sebeuh juga akan menyasar nelayan dan peternak.

"Pokoknya untuk ketahanan pangan ini, kita sangat konsen. Masyarakat Jabar kudu seubeuh  (kenyang) enggak boleh ada yang kelaparan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Pasangan Hasanah memiliki 7 program unggulan yang terdapat di Sawelas Asih. Tujuh program tersebut adalah Boga Gawe, Jabar Seubeuh, Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug, Turkamling dan Molotot.com.

Kompas TV Di Bandung, Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menghadiri deklarasi pilkada aman dan damai yang diselenggarakan oleh MUI Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com