Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Rusak Fasilitas Resort di Taman Nasional Kelimutu

Kompas.com - 02/02/2018, 20:34 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ENDE, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam pekan ini, menyebabkan sejumlah fasilitas resort di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, rusak.

"Fasilitas yang mengalami kerusakan antara lain beberapa shelter pada jalur trekking, tower pemancar CCTV, dan atap kantor Resort Kelimutu," ujar Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2018) malam.

Menurut Agus, pihaknya masih mengecek ke lapangan untuk memastikan kerusakannya. "Mungkin Senin (5/2/2018) mendatang kita bisa pastikan semua (kerusakannya)," imbuh Agus.

Selain fasilitas yang rusak, terjadi pemadaman lampu di kawasan itu dan beberapa desa tetangga lainnya. Karena itu, pihaknya terpaksa menggunakan genset.

(Baca juga : Cuaca Buruk, Taman Nasional Kelimutu Ditutup Sementara )

Agus mengaku, kerusakan akibat angin juga menimpa gerbang atas masuk Kelimutu dan papan informasi.

Saat ini, di kawasan Taman Nasional Kelimutu, terdapat enam resort. Masing-masing resort diisi lima orang staf.

Fasilitas resort yang rusak yakni berada di Resort Wolojita (tower pemancar CCTV) dan Resort Kelimutu (Shelter). "Kita sedang data dengan BNPB untuk laporan ke Pusat dan Bupati Ende," kata Agus.

Sebelumnya diberitakan, pada 28 hingga 29 Januari 2018, pihaknya menutup kawasan Taman Nasional Kelimutu karena angin sangat kencang. Angin tersebut menyebabkan pohon tumbang.

"Karena bahaya bagi pengunjung sehingga harus menyingkirkan pohon tumbang yang berada di jalan, sehingga kita tutup selama dua hari. Namun hari ini sudah kita buka bagi para pengunjung," tutupnya.

Kompas TV Kami akan ajak anda melihat keindahan danau yang memiliki tiga warna di puncak Gunung Kelimutu Ende Nusa Tenggara Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com