Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Taman Nasional Kelimutu Ditutup Sementara

Kompas.com - 29/01/2018, 17:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Seksi Wilayah 1 Moni Taman Nasional Kelimutu Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Benediktus Rio mengatakan, pihaknya akan memberlakukan sistem buka tutup bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Kelimutu.

Menurut Rio, penutupan sementara obyek wisata andalan NTT tersebut, menyusul cuaca buruk yang terjadi di wilayah itu beberapa hari terakhir ini.

"Kita pakai sistem buka tutup, karena kondisi cuaca ekstrim di kawasan Taman Nasional Kelimutu, berupa angin kencang dan hujan lebat yang dapat mengakibatkan pohon tumbang. Ini tentu akan membahayakan wisatawan," ujar Rio, Senin (29/1/2018).

Angin kencang disertai hujan lebat, sambung Rio, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik. Hal ini mengganggu aktivitas pariwisata dan mengakibatkan beberapa toilet serta shelter rusak.

(Baca juga : Hadapi Cuaca Buruk, Balawisata Pantai Kuta Dapat Bantuan Peralatan )

"Untuk itu pihak Balai TNK (Taman Nasional Kelimutu) mengambil langkah buka tutup dan saat ini sementara kami tutup," katanya.

Jadwal penutupan kawasan wisata tersebut sudah diumumkan secara resmi melalui surat edaran yang dikeluarkan hari ini. Dari pantauan, wisata tersebut masih diterjang angin kencang dengan kabut disertai hujan.

"Kemungkinan danau tidak bisa dilihat karena kabut tebal," ucapnya.

Rio pun meminta maaf kepada para wisatawan yang ingin berkunjung atas tutup buka ini. "Tentunya kami akan memberikan informasi secepatnya apabila kondisi cuaca sudah membaik," pungkasnya.

Kompas TV Hujan deras disertai angin kencang selama hampir dua jam menyebabkan pohon tumbang dan sejumlah jalan di Jakarta tergenang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com