Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jatim: Dua Pasangan Bakal Cagub dan Cawagub Sehat Jasmani dan Rohani

Kompas.com - 18/01/2018, 19:20 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebutkan, dua pasangan bakal cagub dan cawagub Jatim sehat jasmani dan rohani. Kedua pasangan calon itu juga dinyatakan negatif dari narkoba.

KPU Jatim sudah menerima hasil tes kesehatan kedua pasangan calon, yakni Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elistyanto Dardak, dari tim kesehatan RSU dr Soetomo Surabaya.

"Kedua pasangan dinyatakan sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkoba. Kemarin, hasil tes sudah kami serahkan kepada masing-masing tim pemenangan," kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Kamis (18/1/2018).

Hasil pemeriksaan tim dokter RSU dr Soetomo Surabaya, kata Eko, bersifat final dan tidak bisa dilakukan pemeriksaan ulang untuk pembanding.

Baca juga: KPU: Kontestan Pilkada Jawa Barat Memenuhi Syarat Kesehatan

Pemeriksaan dua pasangan calon itu melibatkan banyak pihak dan dianggap komprehensif karena melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim.

"Proses pemeriksaan pasangan calon dan penunjukan rumah sakit sesuai aturan KPU yang berlaku," terangnya.

Kemarin, kata dia, KPU Jatim juga menggelar rapat pleno hasil penelitian syarat pasangan calon. Semua kekurangan syarat administrasi sudah disampaikan dan KPU memberi waktu dua hari sejak hari ini hingga 20 Januari nanti untuk melengkapi.

Kompas TV Dua pasangan calon Kepala Daerah Jawa Timur kembali menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Dokter Soetomo Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com