Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jateng, Sudirman Said Konsolidasikan Relawan hingga Kecamatan

Kompas.com - 07/10/2017, 19:49 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said terus menguatkan peran para relawan untuk menguatkan dukungannya saat maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Jateng 2018.

Saat ini, relawan sudah terbentuk tingkat kabupaten dan kota. Dalam waktu dekat, relawan di tingkat kecamatan segera terbentuk.

"Kekuatan relawan ini mulai terbentuk, seperti puzzle. Gerakan ini makin terbentuk," kata Sudirman di Semarang, Sabtu (7/10/2017).

Sudirman mengatakan, relawan semula dibentuk di tingkat eks karesidenan. Namun, dalam waktu kurang lebih tiga bulan, relawan telah terbentuk di kabupaten dan kota.

Di kota, ada lima tokoh kunci yang menjadi relawannya. Tokoh-tokoh kunci yang menjadi relawan akan dikembangkan di tingkat kecamatan.

"Di kabupaten sudah ada lima (tokoh) kunci, nanti hingga di kecamatan begitu," ujarnya.

(Baca juga: Fokus Pilkada Jateng, Sudirman Said Sebut Ingin Bayar Utang ke Negara)

Para relawan sendiri nantinya akan dikonsolidasikan pada November 2017 di Kabupaten Cilacap. Sudirman yakin relawannya akan bergerak lebih cepat di masyarakat.

"Di Cilacap nanti kumpul 1.500 orang, dan itu kekuatan dasar untuk bergerak lebih cepat," ujar dia.

Sudirman sendiri berkomitmen untuk terus bersosialisasi dan mengenalkan dirinya di tengah masyarakat. Sosialisasi juga sekaligus untuk menjaring aspirasi.

Selama tiga bulan sosialisasi, Sudirman telah mengunjungi 22 kabupaten, 17 pesantren, delapan kampus, serta 40 tokoh, baik dari pemerintah, politik, ulama, akademisi, pemimpin pesantren.

"Setelah ketemu, kesan saya antusiasme tinggi. Saya juga dikenalkan dengan akar rumput," tuturnya.

Hingga saat ini memang belum ada partai politik yang memastikan nama untuk diajukan sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur dalam Pilkada Jateng.

Namun, Sudirman Said mengaku yakin mendapat dukungan dari tiga partai politik.

(Baca: Sudirman Said Yakin Diusung Tiga Partai di Pilkada Jateng)

Adapun salah satu partai yang disebut intens menjalin komunikasi dengan Sudirman Said adalah PKS.

Selain PKS, PKB juga menyatakan tertarik untuk menduetkan Sudirman Said dengan kadernya, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

(Baca: Saingi Popularitas Ganjar, PKB Ingin Duetkan Marwan-Sudirman Said)

Kompas TV Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com