Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Yakin Diusung Tiga Partai di Pilkada Jateng

Kompas.com - 21/08/2017, 10:08 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said meyakini akan diusung tiga partai politik pada gelaran Pilkada Jawa Tengah Juni 2018 mendatang. Ketiga partai itu yaitu Gerindra, PAN, dan PKS.

"Tiga partai itu yang bicaranya mengerucut," ujar Sudirman di Semarang, Minggu (20/8/2017) sore kemarin.

PAN misalnya, sudah sering menyebut dukungan pada dirinya untuk maju. Sementara Gerindra dan PKS sudah ditemuinya beberapa waktu lalu.

Tiga partai itu, sambung Sudirman, relatif "mudah" diajak berkomunikasi karena kesamaan dukungan saat berkoalisi mendukung pasangan Anis Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta.

(Baca juga: Fokus Pilkada Jateng, Sudirman Said Sebut Ingin Bayar Utang ke Negara)

Jika tiga partai itu kompak mengusung Sudirman, koalisi Jakarta akan mengular di Jawa Tengah. Sudirman pun mengklaim, tiga partai itu mendukungnya bersosialisasi ke masyarakat Jateng.

"Sebelum ada perkembangan mengenai Jawa Tengah, saya banyak kawan-kawan di partai. Jadi komunikasi bukan yang pertama. Tentunya (dulu) bukan hanya urusan Jawa Tengah tapi urusan-urusan lain," ujarnya.

Sudirman bersyukur karena komunikasi dengan elit politik masih berlangsung hingga saat ini. Imbasnya, komunikasi dilakukan secara cair tanpa adanya ketegangan.

"Saya bersyukur karena persahabatan saya dengan beliau-beliau itu tentu memudahkan untuk memulai. Jadi suasananya cair, suasananya saling mengisi," paparnya.

(Baca juga: Sudirman Said Berpeluang Dipasangkan dengan Marwan Jafar di Pilgub Jateng)

 

Selain ketiga partai, Sudirman juga menjajaki komunikasi dengan elit Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sudirman telah menemui PPP Kabupaten Tegal dan berkunjung ke Dewan Syura PPP, KH Maimun Zubair.

Di PPP, Sudirman mengaku disambut baik dan semua yang ditemui umumnya mendukung langkahnya untuk maju di Jawa Tengah.

“Saya percaya bahwa beliau-beliau (elit politik) pada waktunya beliau akan memberi keputusan yang bijak. Tentu saja mereka akan memilih orang yang terbaik yang diterima masyarakat," tuturnya.

Pada kegiatan Minggu kemarin dengan relawan, Sudirman juga menerima mandat untuk ikut memperjuangkan aspirasi warga yang ingin Jateng maju dan bermartabat. 

Kompas TV Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com