Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api yang Membakar Hutan Aceh Barat Dipadamkan Secara Manual

Kompas.com - 28/08/2017, 05:42 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Puluhan prajurit TNI dari Kodim 0105 Aceh Barat dikerahkan ke lokasi kebakaran lahan gambut di tengah hutan kawasan Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan.

Mereka bersama polisi dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat memadamkan api secara manual karena lokasi kebakaran tidak dapat diakses dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran atau kendaraan lainnya.

“Karena lokasi itu tidak dapat dijangkau oleh armada pemadam, sehingga prajurit kita kerahkan untuk melakukan upaya pemadaman dengan cara manual. Kebetulan di lokasi itu ada sidikit sumber dari air parit,” kata Dandim 0105 Aceh Barat Letkol INF Herry Riana Sukma kepada Kompas.com, Minggu (27/8/17).

Baca juga: Kebakaran Kembali Landa Lahan Gambut di Aceh Barat

Menurut Hery, untuk mencapai ke lokasi kebakaran, para prajurit TNI bersama petugas dari BPBD harus berjalan kaki sambil menggotong satu unit mesin pompa air serta berbagai perlengkapan pemadaman api lainnya.

Hingga Minggu (27/8/17) petang, petugas pemadaman gabungan masih terus berupaya memadamkan api yang membakar lahar gambut di Kecamatan Johan Pahlawan dan Samatiga itu.

Sebagian titik api yang mudah dijangkau dan dekat dengan pemukiman sudah dipadamkan, namun kondisinya masih mengeluarkan asap.

“Sejumlah titik api sudah berhasil dipadamkan, ini sekarang kita upayakan titik api yang berada di tengah hutan yang belum kita jangkau sebelumnya, dan titik api yang baru muncul segera kita padamkan,” jelas Herry.

Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut, Polres Aceh Barat Periksa 14 Orang

Kompas TV Satgas & TNI Terus Perkecil Sebaran Lahan Terbakar di Riau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com