Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Pesawat Pribadi, Gubernur Aceh Pantau Kebakaran Lahan Gambut

Kompas.com - 30/07/2017, 16:37 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf memantau langsung titik kebakaran lahan melalui udara dengan menggunakan pesawat pribadinya jenis Shark Aero, Minggu (30/7/2017).

Kebakaran lahan gambut tersebut tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dan terjadi sejak dua pekan lalu.

Baca juga: Cuaca Terik, Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Meluas

Saat memantau kebakaran lahan, Irwandi ditemani Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, TM Nurlif.

“Sejak awal kebakaran, saya mau pantau lokasi kebakaran lahan, tapi karena saya sedang ada agenda di luar, makanya baru hari ini saya kesampaian untuk melihat langsung kondisi kebakaran lahan di Aceh Barat,” kata Irwandi kepada wartawan, Minggu (30/7/17).

Menurut Irwandi, dari hasil pantauannya melalui udara, hingga kini masih ditemukan sejumlah titik yang masih mengeluarkan asap. Namun jumlahnya mulai berkurang setelah dilakukan upaya pemadaman oleh BNPB pusat dengan menggunakan dua unit helikopter dan tim pemadaman dari BPBD, TNI serta polisi melalui jalur darat.

“Hasil pantaun tadi kondisinya masih ada titik asap di sana sini, tapi sudah berkurang, apalagi setelah turun hujan pasca dilaksanakan shalat istisqa. Mudah-mudahan dengan turun hujan lagi, api benar-benar padam,” katanya.

Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut, Kabut Asap Sampai di Lhokseumawe

Irwandi menduga, kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat itu disengaja untuk pembukaan lahan sawit baru. Sebab, dia tak percaya api dapat terpantik dengan sendirinya tanpa ada yang membakar.

Kompas TV Kebakaran Lahan Gambut Mencapai 50 Hektar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com