Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Aceh Desak Polisi Usut Pembakar Lahan Gambut di Aceh Barat

Kompas.com - 30/07/2017, 18:58 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta pihak kepolisian untuk segera mengungkap dan menangkap pelaku pemabakar lahan gambut yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

Sebab, lahan gambut tidak boleh digarap untuk pembukaan kebun sawit sepertu yang terjadi selama ini di Kabupaten Aceh Barat.

“Saya mendesak kepolisian harus bekerja serius untuk mengungkap pelaku pembakar lahan gambut itu, karena tidak mungkin lahan terbakar sendiri kalau tidak ada yang bakar,” kata Irwan Yusuf kepada wartawan, Minggu (30/07/17).

Baca juga: Gunakan Pesawat Pribadi, Gubernur Aceh Pantau Kebakaran Lahan Gambut

Irwandi berharap, dengan adanya penindakan tegas terhadap pelaku oleh pihak kepolisian, kebakaran lahan gambut tak akan terulang kembali di Kabupaten Aceh Barat. Sebab, beberapa tahun terakhir ini, hampir setiap tahun terjadi pembakaran lahan gambut untuk pembukaan kebun sawit baru saat dilanda musim kemarau.

“Terhadap pelaku harus diberi tindakan tegas, karena sudah hampir setiap tahun terjadi kebakaran lahan. Jangan jadikan Aceh seperti Riau dan Jambi, langkah konkretnya polisi harus usut dan proses hukum," tegasnya.

Akibat ulah segelintir orang yang tidak bertanggung jawab karena dengan sengaja membakar lahan gambut untuk pembukaan kebun sawit itu jelas merugikan semua orang. Setidaknya, dampak kabut asap yang ditimbulkan dari lokasi kebakaran lahan tercatat 241 warga Aceh Barat terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) karena menghirup kabut asap.

“Belum lagi biaya pemadaman yang sangat besar, pemadaman melalui udara itu satu jam berapa," ujarnya.

Irwandi menegaskan bahwa seluruh hutan gambut di Kabupaten Aceh Barat tidak boleh digarap untuk pembukaan lahan sawit, apalagi proses pembukaan lahan dilakukan dengan cara dibakar.

Baca juga: Kebakaran Lahan Gambut, Kabut Asap Sampai di Lhokseumawe

Pelarangan penebangan pohon dan alih fungsi hutan sudah pernah ditegaskan Irwandi Yusuf saat menjabat gubernur Aceh Priode 2007-2012 lalu.

“Dari dulu saya sudah imbau jangan tebang pohon, jangan alih fungsi hutan gambut, tapi sekarang yang terjadi penebangan marak dilakukan sehingga kekeringan di mana-mana,” ujarnya.

Kompas TV Kebakaran Lahan di Aceh Terus Meluas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com