Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon Kakaknya, TKW Ini Mengaku Disiksa Majikan di Arab Saudi

Kompas.com - 14/08/2017, 14:22 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Seorang tenaga kerja wanita (TKW), Nenih Rusmiyati (35) asal Sukabumi, Jawa Barat, dikabarkan diduga menjadi korban tindak kekerasan majikannya di Arab Saudi.

Dugaan penyiksaan yang menimpa warga Kampung Pasir Pogor, RT 09/02, Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, itu diketahui oleh pihak keluarga, sejak Kamis (10/8/2017) lalu.

"Teteh saya nelepon dengan panggilan video, katanya ingin pulang," kata adik kandung Nenih, Nyai Hasanah (29) kepada wartawan di Sukabumi, Senin (14/8/2017).

Baca juga: Diduga Depresi karena Dipulangkan Majikan, TKW Tewas Gantung Diri

Pada awalnya, lanjut dia, kakak pertamanya itu tidak menjelaskan secara pasti alasan keinginan Nenih pulang. Namun setelah didesak, akhirnya mengaku mendapatkan tindakan kekerasan dari majikannya.

"Saya kan lihat jelas saat video call kondisi giginya teteh itu kaya yang retak. Makanya saya desak, dan akhirnya teteh ngaku disiksa," ujar dia.

Saat menerima telepon dengan panggilan video itu, Nyai Hasanah tidak sendirian. Ia didampingi kedua putri kandung Nenih, masing-masing Widi Wildani (18) dan Nita Anita (15).

"Malahan keponakan saya Nita menangis saat melihat kondisi ibunya,"ucapnya.

Nyai menuturkan, kakaknya berangkat menjadi TKW ke Arab Saudi pada tahun 2008 dengan masa kontrak kerja dua tahun. Namun hingga masa kontrak kerja habis, dia tidak kunjung pulang.

Saat itu, majikannya meminta agar Nenih tidak pulang ke Indonesia.

"Setelah itu, kami kehilangan kontak dengan Teh Nenih. Bahkan almarhum bapak sempat melakukan usaha pencarian ke mana-mana, sampai ke orang pintar," tutur Nyai.

"Saat nelepon Kamis kemarin, teteh pakai handphone temannya, itu pun sembunyi-sembunyi," sambungnya.

Baca juga: Tertangkap Basah Berbuat Mesum, TKW Ini Malah Ajak Polisi "Selfie"

Saat ini, perkara dugaan tindakan kekerasan yang dialami TKW oleh majikannya di Arab Saudi sedang dalam penanganan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnkertrans) Kabupaten Sukabumi.

Kompas TV TKI itu diamankan karena membawa senjata api jenis revolver, satu magazine serta puluhan butir amunisi di dalam koper.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com