Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Kembali Jadi Tuan Rumah Festival Pencak Silat Dunia

Kompas.com - 20/04/2017, 23:24 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kedua kalinya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjadi tuan rumah Festival Pencak Silat Internasional yang diikuti sembilan negara dari tiga benua pada Jumat (21/4/2017) besok.

Acara pagelaran pencak silat dunia itu akan dilaksanakan di Taman Tengah Danau Air Mancur Sri Baduga, dan dimeriahkan oleh artis dangdut papan atas Zaskia Gotik.

Sembilan negara akan memeriahkan acara tersebut, yakni Amerika Serikat, Brunei, Swiss, Belanda, Singapura, Italia, China, Maroko dan tuan rumah Indonesia.

Hari ini, delegasi dari sembilan negara telah datang ke Purwakarta. Kedatangannya disambut beberapa kesenian Sunda di Bale Nagri, Pemkab Purwakarta, Kamis (22/4/2017).

"Tema pencak silat mendunia, dan mendorong pencak silat diakui dunia bahwa asli dari indonesia," jelas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Kamis (20/4/2017).

(Baca juga: Chris John Hadiri Festival Pencak Silat Dunia di Purwakarta)

Berbeda dari festival tahun sebelumnya, kali ini delegasi sembilan negara akan menampilkan seni bela diri dari negaranya selain pencak silat.

Selain itu, peserta pun akan menampilkan pertunjukkan silat dari berbagai daerah Indonesia, mulai dari silat Banten, Sumatera Barat, dan Jawa Barat sendiri.

Dedi menambahkan, pencak silat memiliki nilai filosofis yang kuat sebagai bela diri asli Indonesia. "Saya menyebut pencak silat dengan panca karena memiliki lima unsur karakter dalam manusia, penyerahan diri kepada Tuhan, hormat kepada sesama, mencintai tanah air, teguh diri dan membangun persaudaraan," ujar dia.

(Baca juga: Chris John Akan Peragakan Teknik Wushu di Purwakarta)

Setelah hadir di Purwakarta, para peserta dari berbagai negara itu dikumpulkan di sebuah aula Bale Nagri Pemkab setempat. Para Jawara Pencak Silat tersebut mendapatkan beberapa pertunjukkan kesenian khas Jawa Barat.

Salah satunya permainan suling Sunda, dan pengenalan cenderamata khas Purwakarta Menong. Juga dikenalkan pembuatan wayang golek oleh beberapa perajin yang membuat secara langsung di hadapan para peserta pencak 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com