Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Klaim Kampanye Infrastruktur Jalan di Jawa Tengah Berhasil

Kompas.com - 09/08/2016, 11:18 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengklaim bahwa program kampanye infrastruktur jalan yang dikampanyekannya selama ini telah berjalan mulus.

Rangking Provinsi Jateng untuk urusan infrastruktur pun meningkat, dari nomor 14 menjadi nomor 9 di tahun 2016.

“Studi yang dilakukan Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapore, daya saing kita itu lumayan. Peningkatan anggaran 300 persen ada hasilnya dinilai oleh lembaga independen,” kata Ganjar saat berbincang di rumah dinasnya, Selasa (9/8/2016).

Daya saing infrastuktur di wilayah Jateng meningkat seiring peningkatan anggaran perbaikan. Tahun 2016, anggaran infrastruktur jalan dan jembatan mencapai Rp 2,5 triliun, naik 0,4 triliun dari tahun 2015.

Dampak dari kenaikan anggaran itu, lanjut pria berusia 47 tahun ini, daya saing infrastruktur Jateng ikut meningkat. Tahun 2014, Jateng mendapat ranking 13 secara nasional, tahun 2015 meningkat satu tingkat ranking 12, dan tahun 2016 menjadi nomor 9 secara nasional.

Ganjar lalu mengutip kajian dari Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapore yang mencatat signifikan perubahan yang di Jateng. Kajian dari negeri Singapura itu mencatat Jateng rangking 3 secara nasional setelah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

“Tapi kalau Jakarta tidak dihitung, pertama di Jatim. Kami memang perlu berguru ke Jatim. Jangan lupa, kita itu atraktif, dengan warisan yang pendek, ternyata indikator menunjukkan reformasi yang bagus,” ujarnya.

Dalam berbagai kunjungan di daerah, Ganjar kerap meninjau proses pembangunan jalan yang rusak. Saat meninjau, dia memotret proses pengerjaan hingga berdialog dengan warga setempat.

(Baca juga:Kebiasaan Unik Ganjar Setiap Tinjau Perbaikan Jalan)

Dia mengakui, masalah mendasar pada pembangunan di Jawa Tengah adalah soal infrastruktur yang amat buruk. Menurut Ganjar, perekonomian daerah tumbuh jika infrastruktur suatu wilayah sudah baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com