Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ingin Membuat Pancasila Lebih Kekinian

Kompas.com - 02/06/2016, 11:44 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait penetapan Hari Lahir Pancasila dan Hari Pidato Bung Karno pada 1 Juni sebagai libur nasional.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, keputusan itu menjadi langkah awal pemerintah daerah untuk membuat program yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai Pancasila dengan cara kekinian.

"Setelah ditetapkan maka tugas kita mencari program. Dan saya terpikir untuk membuat game Pancasila, game aplikasi Pancasila," kata Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Kamis (2/6/2016).

Emil menjelaskan, masyarakat cenderung bosan dengan ritual yang hanya bersifat melantunkan nilai Pancasila dengan lisan. Menurut dia, perlu ada sentuhan kreativitas agar pesan tersebut bisa menyentuh semua kalangan, khususnya anak-anak.

"Karena saya tahu kalau hanya ritual melantunkan sila saja tanpa ada cara kreatif nilai Pancasila itu tidak akan relevan. Sehingga anak-anak tidak merasa didoktrin. Yang bikin zaman sekarang tidak suka kan karena didoktrin," ucapnya.

Emil menjelaskan, program yang ia gagas tak sekedar wacana. Dia menjanjikan aplikasi itu akan diluncurkan sekitar tiga bulan ke depan.

"Saya sudah pikirkan tiga bulan lagi kita wawancara. Ada gagasan terkait membuat Pancasila lebih kekinian," ujar Emil. 

baca juga: Seorang ABG "Curhat" ke Ridwan Kamil Ada yang Menghina Pancasila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com