Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Ridwan Kamil Sukses Bujuk Jokowi Kunjungi Situs Penjara Bung Karno

Kompas.com - 01/06/2016, 14:05 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi situs penjara Bung Karno yang berlokasi di Jalan Banceuy, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).

Momentum itu merupakan kali pertama Jokowi menginjakan kaki di situs penjara Bung Karno. Setelah berbicara pada acara Hari Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Jokowi bersama rombongan melakukan melakukan napak tilas ke situs penjara Bung Karno yang berjarak sekitar 300 meter dari Gedung Merdeka.

Jokowi yang didampingi Presiden ke-5 Megawati, Puan Maharani dan Ketua MPR Zulkifli Hasan sempat masuk dan melihat sisa sejarah peninggalan Bung Karno di dalam penjara yang berukuran 2x3 meter itu.

Ada kisah menarik di balik kunjungan Jokowi ke situs penjara Bung Karno. Semula, Jokowi tak bisa melakukan napak tilas lantaran mesti menghadiri agenda lain di Jakarta. Namun, setelah mendapat bujukan, akhirnya Jokowi bisa hadir.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, suksesnya membujuk Jokowi tak lepas dari upaya Ketua MPR Zulkifli Hasan.

"Namanya juga usaha tidak boleh menyerah, setelah pasrah ketemu ide dan idenya adalah membisiki ketua MPR, jadi ketua MPR yang melobi Pak Jokowi," ucap Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil itu sumringah lantaran sebelumnya ia sangat berharap Presiden Jokowi bisa mengunjungi situs penjara Bung Karno.

"Alhamdulillah Pak Jokowi juga mau dan akhirnya kita melakukan perjalanan bersejarah," jelas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com