Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ajak Warga Bandung Berhenti Merokok

Kompas.com - 31/05/2016, 18:13 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak masyarakat, khususnya warga Bandung, untuk berhenti merokok. Ajakan itu disampaikannya bertepatan dengan peringatan Hari Antitembakau Sedunia pada hari ini, Selasa (31/5/2016).

"Mari berhenti atau kurangi merokok, PNS tidak pakai label PNS atau bukan, ini untuk semua warga Bandung," kata Ridwan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Bandung telah mendukung gerakan tanpa rokok dengan mengeluarkan kebijakan hari tematik, yakni Selasa Tanpa Rokok. Ini dilakukan untuk mendukung aspirasi masyarakat tentang pengurangan peredaran rokok.

"Kalau sepakatnya ke arah sana (mengurangi rokok), maka ya kita kuatkan, salah satunya ada Selasa Tanpa Rokok. Ada RW bebas rokok di Buahbatu itu inisiatif dari warga," kata Ridwan.

Untuk mendukung gerakan bebas dari rokok, Pemkot Bandung telah mengeluarkan peraturan daerah tentang pengurangan iklan rokok pada papan reklame, khususnya yang terpasang di area sekolah.

Meski kebijakan itu belum sepenuhnya terlaksana, Ridwan mengatakan bahwa kondisi tersebut merupakan sebuah dinamika.

"Iklan rokok kita kurangi masih ada yang bandel reklame. Makanya itu bagian yang sedang diperdakan, jadi bagian yang akan kita perkuat juga," kata penggemar olahraga bersepeda itu.

Ia mengatakan bahwa gerakan ini buan sekadar mendukung Hari Antitembakau, melainkan karena adanya dorongan dan keinginan masyarakat akan hidup yang lebih sehat.

Kompas TV Tidak Semua Warga Ikuti Aturan Selasa Tanpa Rokok
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com