Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu, Belah Seribu Durian Gratis Digelar di Magelang

Kompas.com - 07/03/2014, 22:40 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Festival Durian Candimulyo bakal menjadi surga bagi pecinta buah durian di Magelang dan sekitarnya. Betapa tidak, ada puluhan bahkan ratusan varietas durian lokal maupun luar daerah tersedia di festival tahunan itu.

Acara yang digelar pada 7 - 9 Maret 2014 di lapangan Candimulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang itu berbeda dengan festival sebelumnya. Puncak acara akan digelar prosesi kirab Gunungan Durian dan buah eksotis lainnya.

Menariknya, pengunjung juga akan dimanjakan dengan sesi belah seribu buah durian. Pengunjung pun diperbolehkan makan buah dengan aroma yang khas itu dengan cuma-cuma alias gratis.

"Tahun ini memang dirancang berbeda dengan tahun lalu, kita harapkan akan menjadi tonggak awal adanya wisata budaya tahunan di Kecamatan Candimulyo ini," ujar Agus Liem, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Magelang, Jumat, (7/3/2014).

Agus menjelaskan, adanya prosesi kirab itu dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur para petani durian serta pelaku usaha di Kecamatan Candimulyo dan sekitarnya. Daerah ini memang dikenal sebagai salah satu sentra durian di Magelang. Hampir setiap tahun, petani panen Sang Raja Buah dengan melimpah.

Festival Durian Candimulyo, juga akan diramaikan dengan lomba buah durian, lomba sajian makanan olahan dari buah durian oleh Kelompok Tani Wanita (KWT) Candimulyo, Pameran Pertanian (durian lokal dan buah eksotis), bazaar hingga pentas seni tradisional.

"Tujuan lomba durian untuk mengidentifikasi daerah atau kecamatan mana yang bisa menghasilkan buah durian terbaik," terang Agus.  

Rencananya, Festival Durian Candimulyo akan dibuka oleh Bupati Magelang, Zainal Arifin dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Sabtu (8/3/2014) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com