Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahar Hujan Turun dari Kelud, Warga Diimbau Waspada

Kompas.com - 24/02/2014, 20:49 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur puncak Gunung Kelud membawa material vulkanis dan menyebabkan lahar hujan di Kabupaten Kediri, Senin (24/2/2014) malam.

"Lahar hujan terpantau memasuki sungai Konto di Kandangan. Debit air mulai mengalami peningkatan, namun jembatan masih aman dilalui kendaraan," kata Adi Suwignyo, Kepala Bidang Penerangan Satlak PB Kabupaten Kediri, Senin.

Saat ini, aliran lahar hujan dilaporkan masih terus berlangsung. Aliran lahar itu terpantau sudah memasuki Gedang Sewu di Kecamatan Pare. Belum ada laporan kerusakan yang timbul akibat aliran lahar hujan ini. Warga di sekitar bantaran sungai diimbau waspada.

Sebelumnya, lahar hujan juga terjadi pada 18 Februari 2014. Terjangan air bercampur material vulkanis dan sampah yang dilaluinya, menyebabkan kerusakan cukup parah di Kecamatan Kepung.

Bahkan sebuah jembatan penghubung Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang, sempat ditutup akibat meluapnya sungai di bawahnya. Di Kabupaten Kediri terdapat 6 sungai yang menjadi aliran lahar, yaitu Sungai Petong Kobong, Lahar Gedog, Sumberagung, Lahar Pulo (Kali Sukorejo), Lahar Lestari (Puncu), dan Sungai Konto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com