Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Air ke Daerah Terisolasi, PMI Terjunkan Mobil Haglun

Kompas.com - 20/02/2014, 12:58 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Mobil haglun dikerahkan untuk mengirimkan air bersih bagi ratusan warga di Desa Pandansari, Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang terisolasi akibat jembatan yang terputus menyusul terjangan lahar hujan.

Seperti yang telah diberitakan, akses menuju desa tersebut lumpuh total. Demi memenuhi kebutuhan air bersih, PMI Kabupaten Malang berupaya melakukan pengiriman.

"Mobil haglun diterjunkan karena medannya tak bisa dijangkau. Hanya mobil itu yang bisa membawa air bersih dan logistik. Luar biasa mobil seharga Rp 2 miliar itu," kata Muji Utomo, salah seorang Petugas PMI Kabupaten Malang, Kamis (20/2/2014) siang.

Mobil haglun mirip tank dengan roda yang persis sama.  "Mobil ini memang khusus untuk lokasi bencana medan tersulit," ujarnya.

Mobil produksi tahun 1980-an ini dibeli dari Swedia. "Alhamdulillah lancar kita kirim air dan logistik lainnya. Masih ada ratusan warga yang tidak bisa kembali kepengungsian. Karena jembatannya putus total," kata Utomo.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilijanto mengatakan, mobil tersebut membawa dua tandon air bersih ukuran besar.

"Kita menggunakan haglun untuk memasok air ke Desa Pandansari. Karena ke desa itu rusak pasca-diterjang lahar hujan. Saat ini, air yang diminta warga sudah terpenuhi," ungkap Aprilijanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com