Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Ada Lahan, Rusun Bisa Dibangun di Kota Ambon

Kompas.com - 22/02/2014, 06:13 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Keterbatasan lahan mengakibatkan program pembangunan rumah susun (rusun) oleh Kementerian Pekerjaan Umum di Kota Ambon, Maluku, tidak dapat dilaksanakan. Program ini dapat menyelesaikan masalah permukiman kumuh di Kota Ambon.

“Sebenarnya bantuan rumah susun dari Kementerian PU dulunya pernah diprogramkan pada 2011 di Kota Ambon," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Ismail Usemahu kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (21/2/2014).

Bila Pemerintah Kota Ambon dapat menyediakan lahan, Ismail mengatakan instansinya dapat mendorong kembali program itu. Menurut dia, dana pembangunan rusun tersebut teralokasi dalam anggaran penuntasan kawasan permukiman kumuh.

“Apabila ada lokasi kami bisa mendorong, khususnya di kawasan pemukiman dan lokasi kumuh," ujar Ismail. Asalkan ketersediaan lahan bisa dipastikan, dia berkeyakinan pembangunan rusun ini dapat mengatasi masalah kawasan kumuh di Kota Ambon.

Menurut Ismail, program pembangunan rumah susun standar memang memiliki mata anggaran di Kementerian PU. Kota Ambon, sebut dia, setidaknya mendapat alokasi untuk pembangunan satu rusun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com