Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Miras Oplosan, 15 Orang Tewas

Kompas.com - 06/01/2014, 07:09 WIB

MOJOKERTO, KOMPAS.com -
Setidaknya 15 orang tewas setelah berpesta oplosan saat malam tahun baru. Selain menewaskan belasan orang yang semuanya warga Mojokerto, pesta oplosan saat tahun baruan itu juga menjadikan belasan yang lain sekarat.


Hingga Minggu (4/1/2014) kemarin, mereka masih banyak menghuni rumah-rumah sakit di Kota Mojokerto. Belum ada keterangan pasti mengenai jumlah tewas karena pesta oplosan tahun baru. Namun informasi yang berkembang, jumlahnya sudah mencapai 15 orang. Sementara peserta pesta oplosan setidaknya berjumlah 30.

Selain tidak dalam satu waktu, belasan orang tewas itu meninggal tidak dalam satu lokasi. Informasi yang berhasil dihimpun, warga Kota Mojokerto itu pesta miras sambil menikmati di warung-warung dan tempat-tempat tongkrongan di sejumlah titik. Rata-rata mereka adalah satu teman di kampung dan tempat kerja.

"Banyak teman yang ikut. Banyak juga yang tak sadarkan diri. Termasuk saya. Saya tak tahu berapa yang meninggal. Sekarang saya masih mual dan pusing," ucap Yadi, salah satu korban pesta oplosan saat ditawat di Ruang Jayanegara, RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto.

Sejumlah rumah sakit kini dipenuhi para korban pesta oplosan. Selain RSUD Kota Mojokerto tersebut, rumah sakit lain yang digunakan untuk merawat korban oplosan adalah RSUD RA Basuni, Gedek Kabupaten Mojokerto, RSI Sakinah Sooko, dan RS Hasanah Kota Mojokerto.

Para korban itu bergelimpangan dan dievakuasi satu per satu. Ada yang meninggal setelah sampai di rumah sakit. Ada yang tewas setelah mendapat perawatan di rumah sakit. Namun sebagian besar korban, mereka tewas dalam waktu hampir bersamaan. Bahkan ada yang baru tewas pada Minggu dini hari dan Minggu siang tadi.

Salah satu petugas medis di RSUD Kota Mojokerto yang menangani para korban mengaku mencium aroma khas arak (arak jawa atau cukrik). Mereka datang ke UGD dan ditangani. Rata-rata, para peserta pesta oplosan itu lemas dan mual muntah. Sementara mata mereka menyorot dengan tatapan hampa. "Rata-rata mereka mulai dirawat sejak Sabtu kemarin," katanya.

Sampai saat ini, sejumlah korban juga dalam keadaan kritis. Mereka mendapat perawatan khusus.

Pesta miras oplosan digelar saat mulai malam pergantian tahun baru 2014. Salah satu tempat pesta arak ini di depan Pabrik Mertex, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com