Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Said Abdullah: Pilgub Jatim Amburadul

Kompas.com - 29/08/2013, 11:13 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Timur, Said Abdullah menilai penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, amburadul. Hal itu karena sampai hari pemungutan suara masih banyak ditemukan warga yang tidak menerima undangan.

Menurut Said, KPU Jawa Timur masih banyak membebankan tugas yang harus dikerjakan kepada masyarakat. Said mencontohkan banyaknya warga yang bingung saat hendak mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS), khususnya yang tidak surat undangan.

"Warga masih disuruh membawa KTP dan kartu keluarga (KK) ke tempat pemungutan suara. Cara itu tidak mudah dilakukan jika dalam satu keluarga ada 11 orang, maka keluarga itu akan direpotkan untuk membawa KK ke TPS," ungkap Said.

Melihat kondisi itu kata Said, profesionalisme dan integritas KPU dalam menyelenggarakan Pilgub Jawa Timur dipertanyakan. Kinerja KPU Jawa Timur menuai kekecewaan, tidak hanya dari dirinya sendiri, tetapi dari calon-calon lainnya.

Selain itu lanjut Said, KPU Jatim terlalu memberi beban kepada KPU di daerah. Seperti yang terjadi di Sumenep terutama pendistribusian logistik pilgub ke kepulauan yang amburadul. Seharusnya logistik itu tidak dikirim ke KPU Sumenep, tetapi langsung menuju kepulauan. Sehingga KPU Sumenep tidak kebingungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com