Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

KIM Cerdas Tarumajaya Kabupaten Bandung Sabet Dua Penghargaan Bergengsi

Kompas.com - 29/10/2023, 11:44 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Cerdas Desa Tarumajaya Kabupaten Bandung mendapat penghargaan KIM Terbaik Kategori Pertanian dan Perkebunan serta KIM Favorit pada puncak perayaan KIM Festival 2023.

Agenda yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) itu digelar di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (28/10/2023).

Untuk diketahui, malam apresiasi bagi para pegiat KIM merupakan kolaborasi Kemenkominfo dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten/Kota yang pertama kali digelar.

Adapun tiga kategori yang dilombakan pada KIM Festival 2023 adalah kategori bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pariwisata, serta pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengapresiasi para pegiat KIM.

“Kategori penilaian KIM memang masih terbatas. Semoga terdapat penambahan kategori pada gelaran tahun depan sehingga bisa memajukan semangat KIM dalam menyebarluaskan informasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucap Usman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Dapat 209 Penghargaan Selama 2,5 Tahun Menjabat, Kang DS Apresiasi Masyarakat dan Jajarannya

Usman mengatakan bahwa dirinya merasa bangga karena kualitas KIM yang berkompetisi semakin meningkat.

Dia pun berharap, pegiat KIM mendapat kesempatan magang di Kemenkominfo atau mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Sebagai informasi, penilaian kompetisi KIM meliputi penilaian administratif, kinerja melalui video, paparan langsung kinerja KIM, hingga tampilan produk kinerja pada ajang festival telah berlangsung selama tiga bulan.

Menurut hasil penilaian, KIM Cerdas Tarumajaya dianggap unggul karena mampu memberdayakan masyarakat di desa melalui penyebaran informasi yang akurat dan positif.

Dengan demikian, masyarakat dapat mengolah sumber daya alam (SDA) desa secara optimal dan menghasilkan nilai tambah ekonomi.

Semula, Desa Tarumajaya sendiri tidak dikenal secara luas, khususnya oleh masyarakat di Kabupaten Bandung.

Baca juga: Cerita Pandawara Group 3 Kali Bersihkan Sungai Cikeruh di Kabupaten Bandung

Berkat kinerja KIM Cerdas Tarumajaya dalam promosi dan penyebaran informasi, desa tersebut menjelma menjadi desa wisata yang disegani.

Selain mempromosikan keindahan alam, pegiat KIM Cerdas Tarumajaya juga memberikan edukasi kepada para pemuda desa terkait cara menanam dan mengolah biji kopi yang selama ini tumbuh subur di wilayah tersebut.

Dengan begitu, mereka mampu menanam dan mengolah biji kopi dengan baik sehingga dapat menghasilkan segelas kopi bercita rasa tinggi.

Bupati Bandung Dadang Supriatna pun menyampaikan apresiasinya kepada KIM Cerdas Desa Tarumajaya yang telah mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang bergengsi tersebut.

"Saya merasa senang karena para pegiat KIM dari Desa Tarumajaya telah bekerja keras membawa Provinsi Jawa Barat, khususnya Kabupaten Bandung, meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional," tutur Dadang.

Dadang berharap, KIM dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, khususnya di desanya masing-masing.

Pembangunan desa yang dilakukan secara terus-menerus, lanjut dia, dapat mendukung indeks pembangunan daerah secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com