Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gelar Tangerang Digital Festival, Pemkot Tangerang Hadirkan Stan Pelayanan hingga Hiburan Artis Nasional

Kompas.com - 05/08/2023, 13:57 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangerang akan menggelar Tangerang Digital Festival 2023 pada 12-13 Agustus 2023, di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang.

Acara tahunan tersebut akan menghadirkan berbagai kegiatan, mulai dari perlombaan, stan usaha mikro kecil menengah (UMKM), lebih dari 25 stan pelayanan, hingga hiburan artis nasional.

Kepala Diskominfo Kota Tangerang Indri Astuti mengatakan, stan pelayanan yang akan hadir di Tangerang Digital Festival 2023, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga universitas.

"Stan pelayanan untuk seluruh pengunjung akan dibuka selama dua hari pelaksanaan beriringan dengan seluruh agenda kegiatan yang ada," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Baca juga: Bima Arya Tegur Keras Disdik dan Disdukcapil Buntut Kecurangan PPDB Kota Bogor

Indri menjelaskan, lebih dari 25 stan pelayanan yang hadir, di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan cek kesehatan dan vaksinasi, dan Kepolisian Resor (Polres) Metro Tangerang Kota dengan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM)-Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)-konsultasi,

Kemudian, Kejaksaan dengan layanan Jaksa Menyapa dan konsultasi hukum, Pengadilan Agama dengan layanan Aplikasi Pelayanan Publik dan Kinerja Pengadilan Agama Tangerang (Pujangga), serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dengan Gelar Pangan Murah hingga pembagian bibit pohon dan benih ikan gratis.

Selain itu, kata Indri, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) juga akan membuka pendaftaran pelatihan non kompetensi, job fair hingga walk in interview.

Baca juga: Asa Para Pencari Kerja, Datangi Berbagai Kota demi Ikut Job Fair

Selanjutnya, kata dia, Perusahaan Daerah (PD) Pasar dengan Mobil Si Belanja Gampang (Jampang), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dengan layanan pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan halal produk.

“Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) dengan mobil perpustakaan keliling, enkapsulasi dokumen gratis, hingga bazar buku murah, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dengan layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan psikolog gratis,” imbuh Indri.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), lanjut dia, juga akan buka gerai Diskon Kemerdekaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Sementara itu, universitas yang hadir di Tangerang Digital Festival 2023, antara lain Universitas Buddhi Dharma dengan robotic dan content, Universitas Budi Luhur dengan konten digitalisasi dan motor listrik, serta Universitas Pelita Harapan dengan virtual reality (VR) dan konten video.

Baca juga: Rambu Hukum Pembuatan Konten Video Parodi

Selain universitas, juga ada stan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) dengan mobil atau motor listriknya.

Indri mengatakan bahwa Tangerang Digital Festival 2023 akan menjadi pengalaman yang menarik untuk seluruh pengunjung, terlebih jika membawa anak-anak.

"Karena, dalam satu lokasi seluruh pengunjung akan menyaksikan seluruh stan yang penuh dengan digitalisasi khususnya pada stan universitas. Dan sekalian dapat memanfaatkan seluruh layanan pemerintahan yang dibutuhkan," katanya.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com