Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Danny Pomanto Raih Penghargaan Walkot Terfavorit Pencegahan-Penyelamatan Kebakaran

Kompas.com - 01/03/2023, 14:43 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto meraih penghargaan Kepala Daerah Terfavorit yang Peduli Terhadap Upaya Pencegahan dan Penyelamatan Kebakaran dalam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-104 Pemadam Kebakaran (Damkar) pada 2023.

Penghargaan itu diterima Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Hasanuddin pada Peringatan HUT ke -104 Tahun Damkar di Jakarta, Rabu, (1/03/2023).

Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait damkar adalah Pemadam Kebakaran Lorong (PK Rong) yang berhasil mendapatkan penilaian signifikan terhadap kepedulian bahaya kebakaran.

Walkot yang akrab disapa Danny Pomanto itu mengatakan, PK Rong merupakan program yang memberdayakan pemuda-pemuda lorong sehingga upaya pencegahan terhadap bahaya kebakaran cepat teratasi.

Baca juga: BPS Catat Pertumbuhan Ekonomi Makassar Lampaui Provinsi Sulsel dan Nasional

"Memang komitmen kami membangun kesadaran masyarakat terhadap bahaya kebakaran dari lorong, makanya dibentuk PK Rong agar kepedulian masyarakat makin bagus," katanya, Rabu (1/03/2023).

Danny menambahkan, PK Rong memberdayakan anak muda Makassar yang tidak memiliki pekerjaan sehingga energi mereka dapat tersalurkan ke arah yang positif.

PK Rong juga menjadi penjabaran dari visi misi walkot dengan memaksimalkan pemberdayaan masyarakatnya dari segi pencegahan dan penindakan.

"Mereka masyarakat umum yang sebelumnya dilatih dalam penggunaan perangkat pemadaman," jelasnya.

Danny menilai, sebelum petugas damkar tiba, PK Rong sudah mengantisipasi terlebih dahulu. Keberadaan PK Rong dinilai penting karena 4 menit pertama dalam kebakaran sangat krusial.

Dia pun meminta tim damkar terus meningkatkan latihan dengan menguji kecepatan dan kesiapsiagaan personel dalam penyelamatan.

Baca juga: Walkot Makassar Dapat Banyak Pujian dari Mendagri, Apa Penyebabnya?

Pada kesempatan itu, Kadis Damkar Hasanuddin bersyukur atas penghargaan yang diterima.

"Alhamdulillah bentuk program ini sudah berjalan dan menampakkan hasil positif, yakni berkurangnya kejadian kebakaran dan menekan kerugian akibat kejadian kebakaran," katanya.

Hasanuddin mengatakan, penghargaan itu menekankan pada tingkat kepedulian sehingga Makassar menjadi terfavorit.

"Penghargaan terfavorit sebagai kepala daerah yang memiliki kepedulian terhadap pencegahan pemadaman bahaya kebakaran dan penyelamatan" ucapnya.

Hasanuddin menambahkan, Makassar sebagai Kota Dunia menjadi suatu hal yang tidak mustahil untuk diwujudkan. Dengan sistem antisipasi kebakaran yang bagus dapat menghasilkan kondisi aman dan nyaman.

"Tentunya seperti PK Rong dihadirkan walkot untuk memberikan perhatian maksimal pada instansi Damkar dan poin utama dalam pengendalian kebencanaan dalam kota," ungkapnya.

Baca juga: Walkot Makassar Gandeng Asian Development Bank Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

Untuk diketahui, Damkar Makassar ikut dalam National Firefighter Skill Competition 2023 dalam rangka HUT ke-104 Damkar.

Kompetisi itu diikuti 49 tim dari 36 pemerintah daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Ajang ini berlangsung di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta pada 26-28 Februari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com