Seorang Nenek Tewas Tertimbun Sampah di TPA Makassar Saat Memulung

Kompas.com - 31/05/2021, 11:38 WIB
Aparat Polsekta Manggala melakukan penyelidikan di lokasi longsor di TPA Antang yang menewaskan seorang nenek pemulung, IstAparat Polsekta Manggala melakukan penyelidikan di lokasi longsor di TPA Antang yang menewaskan seorang nenek pemulung,

MAKASSAR, KOMPAS.com– Sitti Sohrah (65) tewas tertimbun gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamanggapa, Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, saat memulung.

Kepala Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Manggala Kompol Edhi Supriady Idrus mengatakan, saat itu korban sedang memulung di bagian bawah gunungan sampah.

"Korban sempat diperingati oleh pemulung lainnya agar tidak berada di bawah gunungan sampah yang rawan terjadi longsor, tapi korban tidak peduli hingga akhirnya terjadi longsoran dan menimbun korban," kata Edhi saat dikonfirmasi, Senin (31/5/2021).

Baca juga: 12 Orang Tertimbun Longsor di Lokasi Proyek PLTA, Baru 3 yang Ditemukan

Jenazah Sitti baru bisa dievakuasi setelah petugas TPA memindahkan runtuhan sampah dengan eskavator.

“Setelah ditemukan, jenazah korban langsung dievakuasi ke rumah sakit untuk dilakukan visum dan selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga untuk disemayamkan,” sebut Edhi.

Menurut Edhi, lokasi TPA Tamangapa memang rawan terjadi longsor. Padahal, setiap harinya tempat itu ramai dikunjungi ratusan hingga ribuan pemulung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pengelola TPA Antang yang menangani seluruh sampah Kota Makassar itu memasang papan bicara atau mengimbau kepada pemulung jika ada daerah-daerah yang rawan longsor di TPA,” ujar Edhi.

Baca juga: Longsor di Proyek Pembangunan PLTA Marancar Tapsel, Satu Keluarga dan Pekerja Dikabarkan Tertimbun

Sekadar diketahui, TPA Antang memiliki  luas area 14,3 hektar. Lokasi itu merupakan satu-satunya TPA di kota Makassar.

Sebagian besar sampah perkotaan diolah di TPA berasal dari sampah rumah tangga, sampah pasar, sampah perkantoran, dan sampah pusat perbelanjaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.