Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Helikopter BPBD Sulsel Sempat Berputar Lalu Mendarat Darurat di Lahan Kosong

Kompas.com - 29/01/2021, 21:18 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.comHelikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan mendarat darurat di Kabupaten Jeneponto karena diterjang cuaca buruk, Jumat (29/1/2021).

Helikopter BPBD Sulsel berhasil mendarat darurat di Kampung Borong Tala, Desa Bontojai, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto sekitar pukul 11.00 Wita.

Helikopter tersebut mengangkut lima orang, di antaranya tiga dari BPBD Sulsel, 1 teknisi, dan seorang pilot.

Baca juga: 6 Pemuda Diamankan, Tawarkan Jasa Lolos dari Pos Covid-19 Tanpa Rapid Test, Tarifnya hingga Rp 100.000

Salah seorang warga, Ridwan (33) yang dikonfirmasi via telepon selularnya mengatakan, mulanya helikopter tersebut terlihat berputar-putar di udara dan akan jatuh.

Setelah berputar-putar, helikopter tersebut akhirnya memilih mendarat di lahan kosong di Kampung Borong Tala.

“Saya melihat berputar-putar di atas dan mengira helikopter itu akan jatuh. Namun ternyata helikopter mendarat darurat. Pilot dan kru helikopter itu mengaku dari Makassar dan Takalar guna memantau keadaan di beberapa daerah,” kata Ridwan kepada wartawan.

Salah seorang anggota BPBD Sulsel, Sulayman Patittingi (48) mengatakan dirinya terbang untuk memantau kondisi Bendungan Karaloe, Jeneponto.

Baca juga: Polisi Belum Tetapkan Tersangka Kasus Kecelakaan di Bantul yang Libatkan Anak 14 Tahun

 

Ia mengaku helikopter mendarat darurat di Kampung Borong Tala karena cuaca buruk.

“Iya betul sesuai perintah pimpinan kami. Tadi pagi disuruh untuk memantau kondisi Bendungan Karaloe dengan rute Gowa, Takalar dan Jeneponto. Berhubung karena cuaca buruk, pilot putuskan untuk parkir sejenak sambil menunggu cuaca membaik,” terangnya.

Kabid Kedaruratan BPBD Sulsel, Andi Ishak yang dikonfirmasi mengatakan, helikopter yang ditumpangi anggotanya berhasil mendarat darurat karena cuaca buruk.

“Alhamdulillah, helikopter berhasil mendarat darurat. Saya tidak ikut dalam penerbangan itu, tapi laporan dari teman saya helikopter dalam kondisi baik, termasuk semua penumpangnya. Jika sudah cuaca mulai membaik, akan kembali ke Makassar,” singkatnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com