Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.320 Nakes di Sulsel Sudah Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Kompas.com - 29/01/2021, 11:27 WIB
Hendra Cipto,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat sebanyak 2.320 orang tenaga kesehatan (nakes) sudah menerima vaksin Covid-19 tahap pertama.

Kepala Dinkes Sulsel Muhammad Ichsan Mustari mengatakan, vaksinasi baru difokuskan di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros.

Tiga daerah ini menjadi pertimbangan utama dengan alasan presentase vaksinasi di tiga wilayah ini yakni 12,66 persen atau 4,09 persen untuk tingkat Sulsel.

“Setelah Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Gowa. Distribusi vaksin sedang dilakukan ke 21 kabupaten lain,” kata Ichsan kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Baca juga: 4.720 Vaksin Sinovac Tiba di Palopo, Tenaga Kesehatan Tepuk Tangan

Ichsan menjelaskan, tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin di masing-masing daerah yakni, 1.759 orang di Kota Makassar, 285 orang di Kabupaten Gowa dan 276 orang di Maros.

Selain itu, total tenaga kesehatan yang masih dalam observasi atau menunggu sebanyak 137 orang.

Sedangkan yang batal menerima vaksin sebanyak 344 orang.

“Tenaga kesehatan yang batal menerima vaksin tersebut diartikan tidak memenuhi salah satu syarat atau lebih dari 16 persyaratan vaksinasi,” jelasnya.

Ichsan menuturkan, berdasarkan surat keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK 02.02/4/1/2021 tentang teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 tidak semua orang dapat divaksin.

“Pada format skrining khusus untuk vaksin Sinovac, terdapat 16 pertanyaan yang mesti dijawab oleh calon penerima vaksin berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tersebut. Jika salah satu dari syarat itu tidak memenuhi, secara otomatis mereka tidak bisa divaksin,” paparnya.

Baca juga: Gubernur NTB Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua: Alhamdulillah, Badan Terasa Lebih Segar...

Pada status registrasi ulang vaksinasi Covid-19, lanjut Ichsan, data Dinkes Sulsel menunjukkan 18.027 orang telah menyatakan bersedia dari total 18.327 sasaran tenaga kesehatan di tiga daerah yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Gowa.

“Sejauh ini, sama sekali tidak ada tenaga kesehatan yang berhalangan melakukan vaksinasi setelah melalui hasil screening awal pada aplikasi. Sehingga total tenaga kesehatan yang telah melakukan registrasi ulang untuk vaksinasi Covid-19 mencapai 18.027,” tegasnya.

Ichsan menambahkan, secara keseluruhan, Pemprov Sulsel menargetkan total sasaran tenaga kesehatan yang harus disuntik vaksin Covid-19 di Sulsel sebanyak 57.848 orang.

Pelaksanaan vaksinasi ini ditargetkan selesai hingga akhir Maret 2021.

Dinkes Sulsel mulai mendistribusikan vaksin Sinovac Covid-19 ke 21 Kabupaten.

Sebanyak 81.960 dosis vaksin Covid-19 dikirim secara bertahap hingga 29 Januari 2021.

"Stok vaksin di Sulsel tersisa 520 dosis. Ini dilakukan secara bertahap. Untuk pendistribusian ke Kepulauan Selayar akan kami kondisikan. Harapan kami bisa selesai Jumat mendatang,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com