Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Belajar Tatap Muka di Banyumas, Sebagian Orangtua Tak Setuju

Kompas.com - 20/10/2020, 15:25 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebagian orangtua siswa di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tidak setuju pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kepala Sekolah SMP 6 Purwokerto Sri Indarsih mengungkapkan, ada sekitar 10 persen wali murid di sekolah tersebut yang tidak setuju dengan pembelajaran tatap muka.

"Kurang lebih 10 persen dari total murid kami 697 atau sekitar 60-an yang tidak setuju. Tapi setelah kemarin ada sosialisasi lagi dari kami, dari yang tadinya orang tua tidak setuju, menjadi setuju, ada beberapa," kata Sri kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Uji Coba Belajar Tatap Muka, Guru di Banyumas Akan Dites Swab Secara Acak

Beberapa orangtua, kata Sri, juga ada yang datang langsung ke sekolah meminta penjelasan terkait uji coba pembelajaran tatap muka.

"Karena ada kekhawatiran mungkin. Kalau kami sudah berusaha untuk ketat supaya anak-anak tidak kontak fisik dengan temannya," ujar Sri.

Untuk itu, lanjut Sri, selain pembelajaran tatap muka, guru juga tetap melayani pembelajaran secara daring.

Sementara itu, pembelajaran tatap muka di SMP 6 Purwokerto digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Siswa wajib memakai masker, cuci tangan dan suhu di bawah 37,3 derajat celsius.

Siswa kelas 7, 8 dan 9 akan mengikuti pembelajaran tatap muka secara bergilir dua kali dalam sepekan. Ruang kelas diatur dan diisi setengah jumlah siswa.

"Durasi pembelajaran dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Nanti di tengah ada jeda istirahat 15 menit untuk anak-anak makan dan minum membuka bekalnya, tapi tetap dalam pengawasan guru," jelas Sri.

Baca juga: Kasus Covid-19 Dinilai Terkendali, 3 Sekolah di Banyumas Uji Coba Belajar Tatap Muka

Diberitakan sebelumnya, tiga sekolah di Kabupaten Banyumas mulai pekan ini melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

Pasalnya berdasarkan hasil evaluasi, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyumas sejak beberapa pekan terakhir mulai terkendali.

Ketiga sekolah tersebut yaitu, SMA Negeri 3 Purwokerto, SMP Negeri 6 Purwokerto dan SD Negeri Panembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com