Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Belajar Tatap Muka, Guru di Banyumas Akan Dites "Swab" Secara Acak

Kompas.com - 20/10/2020, 14:48 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Masa uji coba kegiatan pembelajaran tatap muka pada tiga sekolah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan berlangsung selama dua pekan.

Bupati Banyumas Achmad Husein menginstruksikan dalam masa uji coba tersebut guru di ketiga sekolah tersebut agar dites swab secara acak untuk memastikan keamanan pembelajaran tatap muka.

"Kalau negatif maka pembelajaran tatap muka berjalan sebagaimana mestinya," kata Husein seusai meninjau uji coba di sejumlah sekolah, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Kasus Covid-19 Dinilai Terkendali, 3 Sekolah di Banyumas Uji Coba Belajar Tatap Muka

Sebaliknya, apabila ditemukan guru yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19), kemungkinan besar uji coba akan dihentikan.

"Apabila ada yang positif tidak perlu gaduh, karena kita akan melakukan tindakan untuk menyelamatkan semua," ujar Husein.

Namun, Husein berharap, uji coba tersebut akan berlangsung lancar. Apabila sukses, secara bertahap pemkab akan menambah jumlah sekolah yang diizinkan menggelar pembelajaran tatap muka.

"Kalian harus patuh, karena apabila uji coba ini berhasil akan memberi kesempatan untuk sekolah lain melakukan hal yang sama," pesan Husein kepada para siswa.

Baca juga: Bupati Banyumas Uji Coba Minyak Kayu Putih untuk Terapi Covid-19

Husein mengatakan, izin pembelajaran tatap muka akan sangat tergantung dengan perkembangan kasus Covid-19.

"Apabila uji coba berhasil, setiap dua minggu akan ada penambahan sekolah yang dibuka. Namun apabila tidak berhasil akan ada pemberhentian, jadi bisa maju mundur-maju mundur," jelas Husein.

Diberitakan sebelumnya, tiga sekolah di Kabupaten Banyumas mulai pekan ini melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

Pasalnya berdasarkan hasil evaluasi, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyumas sejak beberapa pekan terakhir mulai terkendali.

Ketiga sekolah tersebut yaitu SMA Negeri 3 Purwokerto, SMP Negeri 6 Purwokerto, dan SD Negeri Panembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com