Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Perbatasan Pulang, Danrem Wira Bima Bersyukur Semuanya Selamat

Kompas.com - 25/08/2020, 10:21 WIB
Citra Indriani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 400 prajurit TNI AD Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti pulang dengan selamat usai melaksanakan tugas di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

Kepulangan para prajurit yang bermarkas di Salo, Kabupaten Kampar, ini disambut Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNI M Syech Ismed di Pelabuhan Pelabuahan Pelindo I Kota Dumai, Riau, Senin (24/8/2020).

Prajurit pulang dari Republic Democratic of Timor Leste (RDTL) menggunakan Kapal TNI AL KRI 540 Teluk Lampung, dipimpin oleh Letkol Inf Wisyudha Utama yang juga merupakan Komandan Batalyon Infanteri 132/Bima Sakti.

Baca juga: Aparat TNI Perbatasan Amankan Sabu Selundupan dari Malaysia Seberat 51,9 Kg

Acara penyambutan tersebut dilaksanakan dengan mengacu pada protokol kesehatan Covid-19. Para prajurit  juga disambut Lanal Dumai serta para pejabat pemerintah Kota Dumai.

Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Syech Ismed mengatakan, penyambutan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan rasa bangga, sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan komando kepada prajurit Satgas Yonif 132/BS yang telah selesai melaksanakan tugas selama lebih kurang 12 bulan atau satu tahun.

"Alhamdulillah, seluruh prajurit pergi dan pulang dengan selamat. Selama ditugaskan di perbatasan Timor Leste, prajurit berhasil menjalankannya dengan baik dan secara profesional serta meraih banyak kesuksesan," ucap Syech Ismed.

Ia melanjutkan, selama bertugas di perbatasan Timor Leste, prajurit mampu menjaga integritas NKRI dari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu keamanan perbatasan.

Selain itu, prajurit juga melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat, seperti membangun jembatan yang merupakan salah satu infrastruktur sangat dibutuhkan dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat di sana.

"Untuk itu, atas nama komando dan pribadi, saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 132/Bima Sakti yang telah kembali dengan membawa kesuksesan," kata Syech Ismed.

Danrem juga menyampaikan bahwa penyambutan dan kepulangan prajurit ini juga mengingatkan dia yang pernah memimpin Batalyon 132/Bima Sakti tahun 2009 sampai 2012 lalu.

Termasuk membawa satuan ini berangkat tugas operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia-Papua Nugini.

Baca juga: TNI Perbatasan Gagalkan Penyelundupan 2.900 Liter BBM ke Timor Leste

Tugas yang diemban prajurit tersebut merupakan tugas besar yang juga memiliki risiko mengorbankan jiwa dan raga.

"Maka dari itu, sekali lagi saya mengatakan bangga dan bersyukur seluruh prajurit yang ditugaskan saat ini pulang dengan lengkap dan selamat sesuai jumlah yang ditugaskan," ucap Syech Ismed.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com