Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Karyawan Bank di Purwokerto Positif Covid-19, Dinkes Tracing Kontak Erat

Kompas.com - 12/08/2020, 15:12 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Banyumas melakukan tracing kontak erat terhadap 12 karyawan Bank Syariah Mandiri Purwokerto terkonfirmasi positif Covid-19.

Pasalnya, dari 12 karyawan, 10 di antaranya merupakan warga Banyumas.

"Sudah kita evekuasi semua kemarin, daftarnya kita minta. Kita serahkan kepada puskesmas sesuai dengan alamat yang bersangkutan untuk melakukan tracing," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: 12 Karyawan Terkonfirmasi Covid-19, Bank Syariah Mandiri Purwokerto Tutup 3 Hari

Sadiyanto mengatakan, pihaknya akan melakukan tes swab terhadap keluarga atau orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

"Sambil jalan kita kembangkan, hari ini mulai tes swab. Masing-masing puskesmas kita minta lakukan tes swab, untuk jumlahnya saya belum tahu," ujar Sadiyanto.

Menurut Sadiyanto, tracing dilakukan oleh tim dari pemkab agar dapat tertangani dengan cepat, sehingga tidak terjadi penyebaran yang lebih luas.

Terkait kondisi 10 pasien tersebut, kata Sadiyanto, seluruhnya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Sehat-sehat semuanya. Mereka dirawat dirawat di rumah sakit, terbagi di beberapa rumah sakit, tergantung alamat pasien di mana, kita bawa ke rumah sakit terdekat," kata Sadiyanto.

Baca juga: Tiga Pastor Keuskupan Purwokerto Sembuh dari Covid-19

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 karyawan Bank Mandiri Syariah Purwokerto, Kabupaten Banyumas dilaporkan terkonfirmasi Covid-19.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, atas temuan tersebut manajemen bank menutup pelayanan kepada masyarakat selama tiga hari.

Pihaknya juga meminta seluruh perbankan atau perkantoran di Kabupaten Banyumas, melakukan tes swab secara mandiri terhadap karyawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com