Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pastor Keuskupan Purwokerto Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 03/08/2020, 10:53 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium sampel swab yang keluar Minggu (2/8/2020), kelimanya dinyatakan negatif virus corona.

"Dinyatakan positif Rabu (29/7/2020) kemarin, tapi sudah sembuh semuanya, dinyatakan sembuh hari Minggu kemarin," kata Sadiyanto saat dihubungi, Senin (3/8/2020).

Baca juga: 16 Pedagang Positif Covid-19, Aktivitas Pasar Wage Purwokerto Tetap Berjalan

Sadiyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan tracing dan mengambil sampel swab sebanyak 32 orang.

Mereka merupakan orang yang melakukan kontak erat dengan kelima orang yang sempat terkonfirmasi Covid-19.

"Sudah diambil sampel swab hari Jumat atau Sabtu, saya kurang paham, itu petugas di lapangan, saya tahunya dari laporan ada 32 orang yang diambil sampel swab-nya. Sekarang tinggal menunggu hasilnya," jelas Sadiyanto.

Atas temuan tersebut, dua gereja di Purwokerto sempat ditutup selama tiga hari untuk proses sterilisasi, Kamis (30/7/2020) hingga Sabtu (1/8/2020).

Baca juga: Stasiun Purwokerto Layani Rapid Test, Penumpang Cukup Bayar Rp 85.000

Kedua gereja tersebut yakni, Katedral Kristus Raja Purwokerto Paroki Santo Yoseph Purwokerto.

Sementara itu, Sekretaris Keuskupan Purwokerto RD FX Bagyo Purwosantoso Pr mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Satgas Penangangan Covid-19 Kabupaten Banyumas, peribadatan di Gereja Katedral Kristus Raja dimulai kembali, Minggu (2/8/2020).

"Ibadat di katedral sudah dibuka kembali (Minggu) pagi setelah Sabtu (1/8) sore Gugus Tugas Paroki berkonsultasi dengan Gugus Tugas Kabupaten. Untuk Paroki Santo Yosep belum," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com