Menko PMK: Covid-19 Harus Kita Tundukkan Walaupun Belum Ada Vaksinnya

Kompas.com - 06/07/2020, 16:27 WIB
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PKM) Muhadjir Effendi saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (6/7/2020) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYMenteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PKM) Muhadjir Effendi saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (6/7/2020)

AMBON, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PKM), Muhadjir Effendy mengungkapkan penyebaran Covid-19 di Indoensia harus dapat segera diatasi meski saat ini para ahli belum menemukan vaksin dari virus tersebut.

Effendi menuturkan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat, ada tiga hal yang harus dapat dilakukan secara simultan.

Pertama, Covid-19 itu sendiri harus dapat segera diatasi, kemudian memperkuat bantuan sosial ke masarakat melalui jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

“Pertama Covid-19 itu sendiri bagaimana bisa kita atasi, kendalikan dan bisa kita tundukkan walaupun memang untuk betul-betul 100 persen selesai itu butuh waktu paling tidak sampai penemuan vaksin,” ungkap Muhadjir, kepada wartawan, di Kantor Gubernur Maluku, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Soal Kalung Antivirus, Menko PMK Sebut Perlu Ada Uji Klinis

Dia menuturkan, pemerintah tidak akan berdiam diri dan akan terus mengambil sejumlah langkah penanganan selama vaksin virus corona belum ditemukan.

Sebab, jika pemerintah hanya berdiam diri di rumah, maka itu akan mengganggu kehidupan sosial ekonomi masyrakat.

“Kami tidak bisa tinggal diam menunggu di rumah sementara Covid-19 terus mengintai kita,” ujar dia.

Selama pandemi berlangsung, pemerintah akan tetap menyalurkan bantuan sosial melalui penguatan jaring pengaman sosial dan juga pemulihan ekonomi masyrakat.

Langkah itu akan terus dilakukan secara simultan sebagai upaya untuk mengatasi dampak dari Covid-19.

Dia mengklaim, sejauh ini penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak langsung Covid-19 baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten kota telah berjalan dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X