Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersisa 2 Pasien Positif, Kota Magelang Masuk Zona Hijau Corona

Kompas.com - 25/06/2020, 10:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono mengatakan, tidak ada penambahan pasien positif virus corona (Covid-19) dalam sepekan terakhir.

"Kota Magelang zona hijau, karena seminggu ini zero penambahan pasien positif Covid-19, yang sembuh terus bertambah," kata Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono saat ditemui di sela kegiatan pembukaan kembali Hotel Atria Magelang, Rabu (24/6/2020).

Meski demikian, Joko mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Apalagi secara geografis Kota Magelang berada di tengah wilayah Kabupaten Magelang yang masih zona merah Covid-19.

"Kita harus hati-hati, kita terus beri edukasi masyarakat karena di sekitar kita masih zona merah. Kota Magelang pusat bertemunya orang-orang, pusat perdagangan, perekonomian dan lainnya. Protokol kesehatan adalah kunci," kata Joko.

Baca juga: 53 Warga Kabupaten Magelang Terjaring Razia Penggunaan Masker

Dia mengaku, pihaknya masih merumuskan regulasi yang akan mengatur masyarakat supaya disiplin pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satunya, tentang kewajiban penggunakan masker.

Selain itu, kata Joko, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito juga telah menginstruksikan kepada seluruh lurah supaya membuat surat edaran tentang pengawasan tamu luar daerah yang datang ke wilayah masing-masing.

"Pak Wali sudah minta lurah buat surat edaran kepada RT/RW, intinya tamu luar daerah khususnya dari zona merah sementara tidak boleh menginap dulu. Kalau yang melintas tidak masalah yang penting displik protokol kesehatan. Silakan menginap di hotel yang SOPnya jelas," tegas Joko.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Kota Magelang yang Masih Dirawat Tinggal 5 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang dr Majid Rohmawanto memaparkan, perkembangan kasus Covid-19 menunjukkan pasien positif yang dinyatakan sembuh terus bertambah.

"Alhamdulilah terinfo malam ini ada 2 pasien positip yang dirawat di RSJ dinyatakan sembuh, yakni  PT (32)  dirawat sejak 4 Juni 2020 dan SH (53) dirawat sejak 8 Juni 2020," kata Majid, melalui pesan singkat, Rabu (24/6/2020) malam.

Data per 24 Juni 2020 pukul 20.00 WIB, saat ini jumlah kumulatif pasien positif mencapai 33 orang, meliputi pasien dirawat 2 orang, sembuh 27 orang dan meninggal 4 orang.

PDP 63 orang, rinciannya dirujuk 1 orang, dirawat 4 orang, sembuh 51 orang dan meninggal dunia 7 orang.

ODP 295 orang, terdiri dari ODP baru 1 orang, lama 294 orang, sehat 274 orang, dipantau 18 orang, dirawat 1 orang, dan meninggal dunia 1 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com