Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rapid Test Reaktif, Seorang Warga Banjarnegara yang Pulang dari Gowa Diisolasi

Kompas.com - 14/04/2020, 17:26 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

 

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Seorang warga Banjarnegara, Jawa Tengah, yang mengikuti acara keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan, diduga terpapar virus corona (Covid-19).

Dugaan tersebut muncul karena berdasarkan hasil rapid test terhadap warga berjenis kelamin laki-laki dengan usia 54 tahun tersebut menunjukkan hasil reaktif.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (14/4/2020) mengatakan, terdapat 50 warga Banjarnegara yang pulang setelah mengikuti acara keagamaan di Gowa.

"Salah satu peserta telah dilakukan rapid test sebanyak tiga kali, dengan hasil pemeriksaan pada dua kali mendapatkan hasil samar, selanjutnya dilakukan tes ketiga dan didapatkan rapid test positif," kata Budhi.

Baca juga: Tujuh Peserta Ijtima Ulama Dunia di Gowa Asal Kaltim Positif Covid-19

Budhi mengatakan, saat ini yang bersangkutan berada di rumah sakit dalam kondisi baik. Pihaknya akan melakukan swab untuk memastikan yang bersangkutan terinfeksi covid-19 atau tidak.

Selain itu, lanjut Budhi, pihaknya juga akan melakukan tracing terhadap orang yang pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan.

"Kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan di Gowa secara mandiri segera melapor ke desa atau puskesmas apabila mengalami gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak nafas," ujar Budhi.

Baca juga: Warga Gorontalo yang Ikut Pertemuan Jemaah Tabligh di Gowa Diisolasi

Sedangkan bagi warga yang pernah kontak langsung dengan yang bersangkutan, kata Budhi, juga diminta melapor ke desa atau puskesmas apabila mengalami gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak nafas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com