Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Keenan, Bocah 4 Tahun Relakan Seluruh Uang Celengan Bantu Petugas Medis Covid-19

Kompas.com - 14/04/2020, 15:30 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Seorang bocah berusia empat tahun rela memecahkan celengan miliknya untuk berbagi dengan tim medis yang menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Senin (13/4/2020).

Bocah laki-laki bernama R Keenan Ronauli Wahyudi ini merupakan pasangan dari Roni Wahyudi dan Dian, warga Kecamatan Sampang.

Ditemani ayahnya, Keenan Ronauli atau biasa disapa Oi, membuka celengannya di depan Tim Satgas di Posko Percepatan Penanganan Covid-19 Jalan Wijaya Kusuma Sampang.

Baca juga: Kisah Bripka Jerry Pakai APD Makamkan Jenazah Pasien Positif Covid-19 yang Sempat Ditolak

Setelah dibuka, Oi terlihat mengumpulkan uang yang bercecer dan menyerahkan tabungan sebesar Rp 527.000 yang didominasi uang koin ke petugas medis.

Oi telah menabung selama kurang lebih 1,5 tahun dengan menyisakan uang jajan dan uang saku sekolah.

"Aku sengaja menyumbangkan uang tabunganku untuk membeli obat buat dokter," kata Oi dengan polosnya kepada TribunMadura.com.

Sumbangan tersebut langsung diserahkan oleh Oi kepada Imam, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang yang juga disaksikan oleh petugas satgas Covid-19 lainnya.

Sebagai penerima uang sumbangan dari Oi, Imam mengaku terharu melihat Oi yang masih kecil rela memberikan uang tabungan untuk kebutuhan tim medis dalam memerangi Covid-19 di garda terdepan.

Baca juga: Kisah Satu Keluarga Tersambar Petir: Berawal Saat Berteduh di Bawah Pohon Alpukat, Istri Tewas, Suami dan Anak Selamat

Pihaknya berharap tindakan yang sudah dilakukan Oi menjadi cermin bagi masyarakat luas untuk terus melakukan hal yang baik di tengah pandemi Covid-19.

"Semoga masyarakat bisa mengikuti jejak anak laki-laki ini (R. Keenan Ronauli Wahyudi)," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunmadura.com dengan judul: Kisah Heroik Bocah 4 Tahun di Sampang, Sumbangkan Uang Koin Hasil Pecahkan Celengan untuk Tim Medis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com