Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Tenaga Medis Shalat Pakai APD Lengkap di Mojokerto

Kompas.com - 08/04/2020, 17:07 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Sebuah video yang menayangkan seorang tenaga medis melakukan shalat dengan memakai alat perlindungan diri (APD) untuk penanganan pasien Covid-19, viral di Facebook.

Video berdurasi 13 detik itu diunggah oleh akun Facebook dengan nama Ida Sulaiman pada Selasa (7/4/2020) pukul 06.57 WIB.

Dalam tayangan video, tampak seorang tenaga medis sedang melakukan shalat dengan memakai APD lengkap untuk penanganan pasien Corona.

Gerakan dan tata cara shalat yang dilakukan seorang tenaga medis di Kota Mojokerto tersebut, mengikuti tata cara shalat untuk orang yang berada dalam kendaraan atau berhalangan dalam melakukan shalat secara normal.

Baca juga: Kronologi Penemuan Bayi yang Diduga Dilempar Ibu Kandungnya ke Atap Rumah di Mojokerto

Dalam unggahannya, Ida Sulaiman menuliskan sejumlah keterangan terkait video tenaga medis yang melakukan shalat saat masih mengenakan APD lengkap untuk penanganan pasien corona.

"Ini beneran terjadi, kewajiban tetep kudu dilaksanakan. Kenapa dilakukan seperti itu? Karena takut, untuk meminimalisir kontaminasi," demikian tulis Ida dalam status Facebooknya.

Ulasan panjang ditulis Ida, terkait kondisi para tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi untuk penanganan pasien corona.

Bertugas di ruang isolasi, para tenaga medis harus menjaga diri sendiri, sesama tenaga medis, serta merawat dan memantau perkembangan pasien yang dirawat.

Menurut Ida, saat jam kerja di ruang isolasi, bertahan hingga batas waktu pergantian sif jaga merupakan pilihan terbaik agar kontaminasi virus corona tidak menyebar ke mana-mana.

Tak lupa, Ida Sulaiman juga menyampaikan agar masyarakat mematuhi arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan menjaga jarak aman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com