2 ABK Penyelundup 1,7 Ton Merkuri yang Lompat ke Laut Kabur ke Hutan Menyerahkan Diri

Kompas.com - 26/03/2020, 18:08 WIB
Aparat Polairud Polda Maluku menggagalkan 1,7 ton mercuri dari atas kapal kayu KLM Cahaya Baru di peraiaran Ambalau, Buru Selatan , Maluku, Senin (23/3/2020). Mercuri tersebut rencananya akan diselundupkan ke Buton, Sulawesi Tenggara HUMAS POLDA MALUKUAparat Polairud Polda Maluku menggagalkan 1,7 ton mercuri dari atas kapal kayu KLM Cahaya Baru di peraiaran Ambalau, Buru Selatan , Maluku, Senin (23/3/2020). Mercuri tersebut rencananya akan diselundupkan ke Buton, Sulawesi Tenggara


AMBON, KOMPAS.com - Dua anak buah kapal (ABK) KLM Cahaya Baru yang terlibat dalam upaya penyelundupan 1,76 ton merkuri akhirnya menyerahkan diri kepada polisi.

Keduanya menyerahkan diri setelah sempat kabur ke hutan Desa Simi, Kecamatan Wamsisi, Kabupaten Buru Selatan, Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan, kedua ABK, itu berinisial BA (27) dan AB (37).

Mereka menyerahkan diri ke polisi setelah sempat melompat dari atas kapal dan kabur ke hutan, ketika kapal mereka ditembaki personel Polairud Polda Maluku.

Baca juga: Kronologi Polisi Gagalkan Penyelundupan 1,7 Ton Merkuri, Kejar hingga Tembaki Kapal Penyelundup

“Kedua ABK yang sempat kabur itu sudah menyerahkan diri ke Polres Pulau Buru dan saat ini mereka sudah dibawa ke Polairud Polda Maluku untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” kata Roem, kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Roem menuturkan, saat ini, status kedua ABK itu telah ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

Sebelumnya, kata dia, nakhoda kapal yang ditangkap saat hari H kejadian telah ditetapkan sebagai tersangka terlebih dahulu.

“Jadi, ketiganya sudah tersangka, termasuk nakhoda yang statusnya sudah tersangka lebih dulu,” ujar dia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X