Polisi Semprot Disinfektan Mobil Patroli hingga Ruangan Tunggu SIM

Kompas.com - 18/03/2020, 07:09 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Menyemprotkan Disinfektan ke Mobil Polres Gunungkidul Selasa (17/3/2020) Dokumentasi Polres GunungkidulPetugas Dinas Kesehatan Menyemprotkan Disinfektan ke Mobil Polres Gunungkidul Selasa (17/3/2020)

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Kepolisian Resor Gunungkidul, Yogyakarta melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan dan pelayanan publik, termasuk mobil patroli.

Polisi membuat hand sanitizer sendiri karena sulitnya mencari di pasaran lokal.

Kanit Regident Polres Gunungkidul IPTU Jarwanto mengatakan, pengasapan disinfektan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gunungkidul ini untuk mengantisipasi penyebaran virus atau bakteri.

Baca juga: Wali Kota Samarinda Masuk ODP Corona Usai Hadiri Kongres V Demokrat di Jakarta

 

Apalagi, di ruang pelayanan publik seperti pelayanan SIM, SKCK, STNK dan unit laka sering dikunjungi masyarakat.

Penyemprotan disinfektan juga menyasar mobil patroli yang sering digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat.

"Setiap hari ruangan publik akan dibersihkan menggunakan cairan disinfektan. Seperti kursi, pegangan pintu dan beberapa lokasi yang sering digunakan masyarakat," kata Jarwanto saat dihubungi melalui telepon, Selasa (17/3/3030). 

Dia mengatakan, dalam pelayanan kepada masyarakat mulai dari pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM hingga SIM keliling masih berjalan normal seperti hari biasanya.

Namun demikian, pihaknya tetap menjalankan pembersihan sesuai arahan dari pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan untuk fasilitas dan pelayanan publik sebagai pencegahan infeksi Covid-19. 

Pihaknya juga melakukan sosialisasi hidup sehat kepada masyarakat.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik, namun karena di pasaran memang sedang sulit. Kami membuat sendiri dengan cairan alkohol dan beberapa bahan lainnya," ucap Jarwanto.

Baca juga: Penanganan Virus Corona di Indonesia Bagian Timur, Ini yang Dibutuhkan Pemda

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X