Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Hentikan Sementara Kegiatan Car Free Day

Kompas.com - 13/03/2020, 20:30 WIB
Ghinan Salman,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya meniadakan sementara seluruh kegiatan kegiatan Car Free Day (CFD) yang berlangsung di Kota Pahlawan, setiap Minggu pagi.

Di antaranya, Jalan Raya Darmo (Taman Bungkul), Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, dan Jalan Raya Kupang Indah.

Meski virus corona atau Covid-19 tidak ditemukan di Surabaya, peniadaan CFD dilakukan mencegah penyebaran virus corona dan melindungi warga Surabaya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya, Ikhsan mengatakan, keputusan peniadaan CFD diambil melalui rapat koordinasi pada Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Canda Achmad Yurianto soal Lockdown di Bali untuk Tangkal Corona...

Rapat tersebut dihadiri berbagai unsur, yakni Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging RSUD Soetomo, dinasterkait, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, TNI, dan para camat.

"Ini merupakan bagian dari kita dalam upaya menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat," kata Ikhsan saat jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jumat.

Ikhsan menyatakan, tim dokter yang menangani virus corona atau Covid-19 di Surabaya juga merekomendasikan agar mengurangi kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa di satu titik, seperti CFD.

"Kita juga lakukan evaluasi terus, mana yang kegiatan ditunda dan mana yang tetap dilaksanakan," kata dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi mengatakan, Pemkot Surabaya akan berkoordinasi dengan tim dokter untuk memutuskan berapa lama kegiatan CFD dihentikan.

"Nah, ini untuk mengurangi terkait penyakit Covid-19. Makanya untuk sementara waktu CFD ditiadakan sampai nanti tim dokter menyatakan aman baru dilaksanakan lagi di semua titik," kata Agus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com