Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Sungai Mbelik Yogyakarta Jebol, Rumah Warga Kebanjiran

Kompas.com - 11/03/2020, 19:45 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Tanggul Sungai Mbelik di Klitren Lor, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta ambrol. Akibatnya warga di dua RT mengalami kebanjiran.

"Kejadiannya tadi sekitar jam 2 tadi," ujar Ketua RT 04 Klitren Lor Bandi saat ditemui di lokasi, Rabu (11/3/2020).

Bandi menceritakan, awalnya hujan turun dengan deras hingga membuat debit air di Sungai Mbelik meningkat. Arus Sungai Mbelik juga sangat deras.

Baca juga: Kerugian akibat Banjir Karawang Diperkirakan Mencapai Rp 44 Miliar

Derasnya aliran sungai membuat tanggul di sebelah utara, sisi timur ambrol.

"Debit air meningkat, arusnya kan deras lalu tanggul di utara itu jebol. Air sungai lalu meluap ke pemukiman warga," ucapnya.

Menurutnya air mengenangi rumah warga dengan tinggi bervariasi. Ada tiga RT yang tadi terendam air akibat luapan sungai Belik.

"Hampir semua, jadi RT 2, RT 3 sama RT 4, tingginya bervariasi, ada yang sampai sekitar satu meter lebih. Tadi bahkan sampai ada mobil warga yang terbawa banjir, karena aliran airnya deras," jelasnya.

Baca juga: Korban Tewas Banjir Bandang di Bolaang Mongondow Utara Jadi 2 Orang

Bandi menuturkan, sekitar pukul 16.00 WIB air yang merendam rumah warga mulai surut. Saat ini warga sedang membersihkan rumah mereka.

"Kalau di sini cepat surutnya. Ini bukan yang pertama, dulu tanggul sebelah utara yang sekarang ini juga pernah jebol," ungkapnya.

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi, warga masih tampak membersihkan rumah mereka dan lingkungan sekitar. Tampak pula beberapa relawan menggunakan pompa untuk menyedot air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com