Dukung Pariwisata Premium Labuan Bajo, BNPB Serahkan 1 Unit Helikopter

Kompas.com - 17/02/2020, 18:19 WIB
Satu unit helikopter diserahkan kepada Pemda Kab. Manggarai Barat dari BNPB, Senin, (17/2/2020). (HANDOUT/KOMINFO MABAR) KOMPAS.COM/MARKUS MAKURSatu unit helikopter diserahkan kepada Pemda Kab. Manggarai Barat dari BNPB, Senin, (17/2/2020). (HANDOUT/KOMINFO MABAR)

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Demi mendukung pariwisata super premium di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan 1 unit helikopter kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Perwakilan dari BNPB, Sigit mengatakan, penyerahan helikopter ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Kami hadir di Labuan Bajo karena ada permintaan. Kementerian Pariwisata minta kami hadir di Labuan Bajo, NTT untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan untuk mendukung pariwisata dan penanganan bencana," kata Sigit di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (17/2/2020).

Baca juga: 1,9 Ton Ikan Asin Formalin di Labuan Bajo Dimusnahkan

Sigit menjelaskan, helikopter ini nantinya akan dipakai untuk mendukung kebencanaan, khususnya untuk SAR dan evakuasi medis.

Hal tersebut baik kepada wisatawan maupun masyarakat yang berada di pulau- pulau.

Selain itu, keberadaan helikopter untuk mendukung pengiriman logistik di kawasan terisolir di seluruh Manggarai Barat.

Terkait operasional untuk helikopter ini, semuanya ditanggung oleh pemerintah pusat.

"Jadi, Bapak tidak usah pikir biaya dari avtur atau akomodasi kru, semua ditanggung pusat. Kalau Pemda minta bantuan, cukup kabarkan ke BNPB, nanti kami langsung paket," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Singgung Angka Kemiskinan dan Stunting di NTT, Gubernur Viktor Sebut 3 Kabupaten Jadi Beban

Bantuan 1 unit helikopter ini merupakan hasil tindak lanjut 7 arahan Presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan pariwisata Labuan Bajo.

Dalam kunjugan kerja pada Juli 2019 silam, salah satu arahan presiden yakni, keamanan wisatawan melalui penguatan organisasi perangkat daerah yang berkaitan dengan keamanan para wisatawan.

Hal itu termasuk dari Basarnas, BNPB, BPBD, Dinas Kesehatan dan dinas-dinas terkait lainnya.

Arahan itu diperkuat lagi dengan ucapan Presiden Jokowi pada rapat terbatas di Hotel Pelataran Komodo pada 20 Januari 2020.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X