Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Hal Negatif Saat Valentine, Razia Digelar di Hotel di Surabaya

Kompas.com - 14/02/2020, 21:41 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Untuk mencegah terjadi hal negatif di hari Valentine, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama jajaran Polri, TNI dan Badan Narkotika Nasional Kota Surabaya menggelar razia gabungan.

Lokasi yang menjadi sasaran razia adalah hotel dan tempat penginapan di sejumlah titik Kota Surabaya.

"Operasi gabungan ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi tindakan-tindakan negatif yang dilakukan masyarakat di hari Valentine," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, saat dikonfirmasi, Jumat (14/2/2020).

Menurut Febri, langkah Pemkot Surabaya bersama tim gabunhan merazia hotel dan tempat penginapan untuk mengantisipasi adanya indikasi negatif terkait hari Valentine yang dilakukan beberapa masyarakat.

Baca juga: Kondom Bekas Pakai Ditemukan Petugas Gabungan Saat Razia Rumah Kos

"Seperti menyalahgunakan atau mendefinisikan hari Valentine dengan tindakan-tindakan yang tidak sesuai norma atau melanggar asusila," ujar dia.

Pada operasi kali ini, Febri menuturkan, Pemkot Surabaya melibatkan jajaran Satpol PP, Linmas, Polri, TNI hingga petugas BNNK Surabaya.

Jika ada temuan saat operasi, pihaknya akan menindak tegas dengan melakukan pendataan, pembinaan hingga pengamanan.

Bahkan, mereka yang terindikasi menggunakan narkoba akan dilakukan tes urine. 

“Warga yang diamankan Satpol PP langsung dites urine. Kalau seandainya ada indikasi narkoba, maka selanjutnya rekan-rekan BNN yang menindaklanjuti," ungkap dia.

Baca juga: Razia Malam Valentine, Bule Asal Jerman Diamankan Satpol PP Makassar

Selain itu, apabila ditemukan pelanggaran yang berhubungan dengan hukum pidana lain, seperti dugaan prostitusi ataupun tindakan asusila lain, maka selanjutnya akan diserahkan kepada jajaran kepolisian.

Sementara, untuk temuan yang lain yang bukan masuk ranah pidana, lanjut Febri, Pemkot Surabaya akan melakukan pembinaan kepada masyarakat yang diamankan saat razia.

"Untuk antisipasi hari ini, kami lakukan razia saat siang dan malam hari," kata Febri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com