Selundupkan Pakaian Bekas dari Malaysia, 2 ABK asal Bengkalis Ditangkap

Kompas.com - 12/02/2020, 22:56 WIB
ILUSTRASI SHUTTERSTOCKILUSTRASI

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebuah kapal penyelundup pakaian dan barang bekas dari Malaysia ditangkap petugas Direktorat Polisi Air dan Udara Korps Polisi Air dan Udara Badan Pemelihara Keamanan (Ditpolairud Korpspolairud Baharkam) Polri di perairan Kabupaten Bengkalis, Riau.

Petugas mengamankan dua tersangka asal Bengkalis bernama Rusli (31) dan Muhammad (25).

Komandan Kapal Polisi (KP) Kedidi-3015 Ditpolair Korpspolairud Baharkam Polri Ipda Rizky Hidayah Harahap mengatakan, kedua tersangka berperan sebagai anak buah kapal (ABK).

"Satu pelaku masih DPO (daftar pencarian orang) karena melarikan diri saat penangkapan. Yang bersangkutan berinisial M, sebagai nahkoda kapal," kata Rizky saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/2/2020).

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Penyelundupan 3.000 Liter BBM Bersubsidi

Para tersangka, kata dia, menyelundupkan pakaian dan barang bekas dari Malaysia.

Rizki menjelaskan, penangkapan kapal tersebut dilakukan pada Selasa (11/2/2020) sekitar pukul 22.30 WIB, di pelabuhan tikus atau tidak resmi di Teluk Pambang, Desa Pambang Baru, Kabupaten Bengkalis.

"Kami awalnya mendapat aduan dari masyarakat pada hari Senin (10/2/2020), bahwa di Teluk Pambang sering masuk kapal penyelundupan dari Batu Pahat, Malaysia," ungkap Rizky.

Atas informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan dengan membagi dua tim yakni, tim lidik laut menggunakan KP Kedidi-305 dan tim lidik darat.

Setelah sampai ke Teluk Pambang, tim lidik KP Kedidi menemukan sebuah kapal sedang melakukan bongkar muat barang.

"Barang bukti yang diamankan lebih kurang 300 karung pakaian bekas, sebuah AS Propeler, 10 kasur bekas, tiga unit sepeda bekas, meja dan kursi bekas, dan satu unit Kapal Motor Oya Makmur II," sebut Rizky.

Baca juga: Polda Riau Bongkar Penyelundupan 35 Kilogram Sabu dari Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X