Banjir Grobogan Dipicu Luapan Sungai dan Jebolnya Tanggul

Kompas.com - 09/01/2020, 23:25 WIB
Tim SAR gabungan menyisir keberadaan Sutrisno (36) warga Desa Rowosari, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang hilang terseret banjir di areal persawahan setempat, Kamis (9/1/2020). Dokumen Tim SAR gabunganTim SAR gabungan menyisir keberadaan Sutrisno (36) warga Desa Rowosari, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang hilang terseret banjir di areal persawahan setempat, Kamis (9/1/2020).

GROBOGAN, KOMPAS.com -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, Jawa Tengah, menyampaikan banjir yang merendam tujuh kecamatan di kabupaten tersebut akibat luapan sungai dan jebolnya tanggul.

Luapan sungai mengakibatkan banjir di Kecamatan Penawangan, Godong, Kedungjati, Tanggungharjo, dan Tegowanu.

Sedangkan banjir di Kecamatan Gubug dan Karangrayung akibat tanggul jebol.

"Ada lima tanggul sungai jebol di Kecamatan Gubug dan Karangrayung. Selebihnya karena luapan sungai," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Grobogan, Endang Sulistyoningsih, Kamis (9/1/2020).


Baca juga: Cari Bebek, Seorang Warga Hilang Terseret Arus Banjir di Grobogan

Akibat banjir ini, 50 warga Grobogan terpaksa mengungsi. BPBD Grobogan memastikan bantuan sudah disalurkan kepada para pengungsi.

Petugas gabungan BPBD, TNI, Polri, dan relawan juga sudah diterjunkan untuk membantu evakuasi korban dan penyaluran bantuan.

Untuk diketahui, banjir merendam ribuan rumah warga di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada Kamis (9/1/2020) dini hari. 

Baca juga: Puskesmas dan Rumah Sakit di Grobogan Terendam Banjir, Pelayanan Tetap Berjalan

Sebelumnya pada Rabu (8/1/2020) hujan deras mengguyur wilayah Grobogan sejak siang hingga malam.

Berdasarkan data BPBD Grobogan, lebih dari 2.000 rumah warga di Kecamatan Penawangan, Karangrayung, Godong, Kedungjati, Tanggungharjo, Gubug dan Tegowanu terendam banjir dengan kedalaman hingga satu meter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X