Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Wisata Baturraden Juara 2 Dataran Tinggi Terpopuler Se-Indonesia

Kompas.com - 29/11/2019, 08:54 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Kawasan wisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi juara 2 kategori Dataran Tinggi Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, dalam ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu, Baturraden harus mengakui keunggulan dataran tinggi Suligi Hill Kabupaten Rokan Hulu yang menjadi juara 1.

"Kami berharap ajang ini dapat menjadi cara efektif dalam mempromosikan objek wisata di Baturraden dan Indonesia dalam lingkup yang lebih luas lagi," kata Sadewo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (29/11/2019).

Sadewo menjelaskan, dalam ajang tersebut terdapat 18 kategori antara lain makanan tradisional terpopuler, minuman tradisional terpopuler, promosi wisata halal populer, wisata air terpopuler, destinasi kreatif terpopuler dan surga tersembunyi terpopuler.

Baca juga: Pemandu Lagu di Baturraden Ketahuan Gunakan Sabu

Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Mey Dwi Koranto mengatakan, di kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Slamet ini terdapat sejumlah obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah kabupaten, swasta, maupun desa wisata.

"Wisata di Baturraden ini cukup lengkap. Ada wisata budaya, kuliner, cinderamata, juga ada kawasan wisata khusus seperti canyoning, offroad dan pendakian ke Gunung Slamet," jelas Mey.

Mey berharap penghargaan yang baru diraih tersebut menjadi motivasi untuk terus membenahi kawasan wisata Baturraden menjadi lebih baik.

Baca juga: Pengelola Baturraden Gelar Atraksi Seni Budaya Agar Kunjungan Turis Kembali Meningkat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com