Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Mamuju Rekrut Panwascam Secara Online

Kompas.com - 14/11/2019, 12:54 WIB
Ilustrasi Pilkada KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi Pilkada

MAJENE, KOMPAS.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak 2020, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Mamuju dan Majene bakal merekrut panitia pengawas kecamatan (Panwascam). 

Perekrutan kali ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus berhenti dari jabatannya, seluruh tahapan penjaringan calon dan pengawasan dilakukan secara online.

“Perekrutannya dilakukan melalui online. Ini penting untuk menjamin asas keterbukaan dan transparansi dalam proses penjaringan,” ujar ketua Kelompok Kerja (Pokja) Bawaslu Majene, Dardi, Kamis (14/11/2019).


Baca juga: Sejak Januari, Honor 22 Panwascam Luwu Belum Dibayar Penuh

Langkah itu, kata Dardi, diharapkan agar mendapatkan sosok panwas kecamatan yang jujur, adi dan profesional demi terciptanya Pilkada yang jujur dan berintegritas.

"Semua pendaftar tidak boleh dari partai politik. Kalau PNS, harus mundur dia dari jabatannya," tuturnya.

Baca juga: Pemilu Usai, 14 Panwascam di Musi Banyuasin Belum Terima Honor Penuh

Dia menambahkan, akan ada tahapan yang dilalui dalam rekrutmen tersebut, mulai dari pendaftaran, penerimaan berkas dan tes tertulis. Masyarakat juga diberikan ruang untuk memberikan tanggapan terhadap bakal calon.

"Akan ada kerjasama dengan pihak lain, terkait kualitas perangkat komputer dan kapasitas jaringan internet yang memadai supaya tes tertulis berjalan lancar," tuturnya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X