8 Kali Berturut-turut Terima Opini WTP, Insentif Daerah Kabupaten Semarang Ditambah

Kompas.com - 12/11/2019, 06:20 WIB
Bupati Semarang Mundjirin menerima penghargaan opini WTP KOMPAS.com/ISTBupati Semarang Mundjirin menerima penghargaan opini WTP

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Semarang mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan RI.

Penghargaan yang diberikan atas kinerja pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah yang dinilai baik dalam delapan tahun terakhir.

Sejak 2014, Kabupaten Semarang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD).

“Penghargaan dari Menteri Keuangan ini diberikan karena Pemkab Semarang dianggap mampu mengelola keuangan negara dengan baik. Salah satu indikatornya adalah pencapaian opini WTP dari BPK,” kata Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Jawa Tengah, Sulaimansyah di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Senin (11/11/2019).


Baca juga: LAN Sukses Raih Predikat WTP 12 Kali Berturut-turut

Menurut Sulaimansyah, pelaporan dan pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Semarang dinilai baik dan telah memenuhi standar dan kaidah pengelolaan keuangan negara.

Atas keberhasilan itu, Kementerian Keuangan akan memberikan tambahan penghargaan berupa Dana Insentif Daerah.

“Besarannya akan ditentukan kemudian dengan memperhatikan beberapa indikator. Di antaranya, angka pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan dan lainnya,” ujar Sulaimansyah.

Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, tidak mudah untuk mempertahankan pencapaian opini WTP selama delapan kali berturut-turut.

“Kami harus menindaklanjuti berbagai temuan dan memperbaikinya dengan standar akuntansi berbasis akrual. Pengungkapan keuangan daerah yang memadai menjadi kunci pencapaian ini,” kata Mundjirin.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (BKUD) Kabupaten Semarang, Rahmawati menjelaskan, ada dua penghargaan dari Menteri Keuangan RI yang diserahkan.

Pertama, plakat penghargaan untuk pencapaian opini WTP berturut-turut sejak tahun anggaran 2014.

Baca juga: Laporan Keuangan Pusat WTP, Jokowi Puji BPK di Pidato Sidang Tahunan MPR

Kedua, piagam penghargaan pencapaian opini WTP tahun anggaran 2018 sekaligus yang ke delapan kali.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X