KILAS DAERAH

Wagub Sulsel Janji Perbaiki Jalan yang Samsul Buat dengan Linggis Selama 10 Tahun

Kompas.com - 11/11/2019, 18:50 WIB
Wagub Sulses, Andi Sudirman Sulaiman kunjungi lokasi Kisah 10 Tahun Menggali Gunung dengan Linggis untuk Membuka Jalan Dok. Pemprov SulselWagub Sulses, Andi Sudirman Sulaiman kunjungi lokasi Kisah 10 Tahun Menggali Gunung dengan Linggis untuk Membuka Jalan

KOMPAS.com — Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan ( Sulsel) mengunjungi Dusun Banteng, Kelurahan Borongrappoa, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

Di sanalah lokasi kisah seorang kakek bernama Samsul yang menggali gunung selama 10 tahun dengan linggis untuk membuka jalan.

“Di kampung terisolasi Pak Samsul itu, terdapat sekitar 100 orang dalam 10 rumah. Selain menyeberang sungai, juga mendaki gunung,” kata Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menurut keterangan tertulis, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Perjuangan Samsul 10 Tahun Mengikis Gunung dengan Linggis untuk Buka Akses Jalan Desa


Ia melanjutkan, sebelum Samsul membuka jalan, tidak ada satu pun kendaraan yang bisa sampai ke sana, baik roda dua, terlebih roda empat.

“Warga harus berjalan kaki berjam-jam melewati hutan hingga bisa tembus ke jalan poros kelurahan,” kata Andi.

Janji perbaiki jalan

Setibanya di kampung Samsul, Wagub Andi langsung meninjau kondisi perkampungan, termasuk jalan yang merupakan hasil galian selama 10 tahun itu.

Melihat kondisi jalan yang memprihatinkan, Andi pun berjanji akan membuat dan memperbaiki jalan ke kampung Samsul.

Pria yang kini menjabat sebagai Wagub Sulsel itu salut dengan perjuangan Samsul selama 10 tahun menggali gunung untuk membuka jalan di kampungnya.

“Bayangkan, Pak Samsul melinggis pinggiran gunung untuk membuka akses jalan ke kampungnya. Pinggir-pinggir gunung dia kikis dan potong,” kata Andi.

Jalan rintisan yang digali Samsul selama 10 tahunDok. Pemprov Sulsel Jalan rintisan yang digali Samsul selama 10 tahun

Bantuan Wagub Sulsel langsung terwujud dengan hadirnya alat berat untuk membantu memperbaiki jalan yang telah dibuka Pak Samsul.

Andi juga menyerahkan bantuan berupa bahan-bahan untuk membuat jembatan sementara agar bisa digunakan masyarakat di kampung yang terisolasi itu.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X