Menkes Terawan: Pemerintah Akan Subsidi Iuran BPJS Kesehatan Kelas III

Kompas.com - 07/11/2019, 16:36 WIB
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto di DPR RI. KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAMenteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto di DPR RI.

MAGELANG, KOMPAS.comMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pemerintah berencana memberikan subsidi bagi peserta BPJS Kesehatan Kelas III.

Hal itu dilakukan untuk merespons rencana pemerintah menaikkan tarif iuran BPJS Kesehatan hingga 100 persen per 1 Januari 2020.

Terawan mengatakan, rencana itu sedang dalam pembahasan.

"Pemerintah berusaha membantu rakyat, kita akan berdayakan. Pemerintah akan menggelontorkan untuk PBI, juga PPU-nya juga terbantu. Ini juga sedang dibahas bagaimana membantu PBPU. Supaya kelas III seolah-olah tidak terjadi kenaikan iuran," kata Terawan, di sela peresmian RSU Syubbanul Wathon, Tegalrejo, Magelang, Kamis (7/11/2019).

Baca juga: Menkes Terawan Akan Serahkan Gaji Pertamanya, Ini Tanggapan BPJS Kesehatan

Terawan menyampaikan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan pertemuan dengan beberapa menteri untuk membahas rencana itu.

"(Iuran) yang naik kelas I dan II, sedangkan kelas III akan tersubdisi, sedang kita baru hitung agar tidak salah anggarannya," ujar Terawan.

Terkait tunggakan BPJS Kesehatan di banyak rumah sakit, mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto Jakarta itu menyatakan sedang mengajukan dana sebesar Rp 9,7 triliun untuk mengurangi defisit.

"Kemarin saya sudah menandatangani sekitar Rp 9,7 T, permintaan untuk membantu menggelontorkan, sehingga mengurangi defisit. Saya sudah mengajukan ke Menteri Keuangan. Sudah saya tandatangani permintaan itu," ujar dia

Meski ada rencana kenaikan, Terawan memastikan rumah sakit tetap akan melayani masyarakat dengan baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X